Penyerahan SPPT PBB-P2 Kabupaten Kediri Tahun 2021

By Dinas Kominfo Kab. Kediri27 Jan 2021, 12:20:39 WIB Pemerintahan, Politik dan Keamanan
Penyerahan SPPT PBB-P2 Kabupaten Kediri Tahun 2021

Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Kediri menggelar acara penyerahan SPPT  PBB-P2 pada hari Rabu tanggal 27 Januari 2021, bertempatdi lapangan tennis indor Pemkab Kediri. Hadir dalam acara ini Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Kepala Bapenda Kabupaten Kediri, Tim Intensifikasi PBB-P2 sejumlah 18 orang, Pimpinan Bank Jatim Cabang Pare, serta 26 Camatse-Kabupaten Kediri.

Kegiatan ini diselenggarakanuntuk mendorong masyarakat sebagai wajib pajak untuk segera membayar Pajak Bumi Dan Bangunan (PBB-P2)yang pada akhirnya akan mempercepat pemasukan penerimaan pajak daerah guna pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.

Syaifudin ZuchriKepala Bapenda Kabupaten Kediri mengungkapkanpokok ketetapan sementara PBB-P2 tahun 2021 sebesar Rp 86.046.684.220. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan pada tahun 2020 silam, meskipun jika dicermati tidak semua objek pajak mengalami kenaikan.

"Beberapa ketetapan kenaikan pokok tersebut diantaranya disebabkan oleh perubahan data objek pajak pada perusahaan-perusahaanutamanya penambahan bangunan. Selain itu adanya pemeliharaan basis data Sistem Managemen Informasi Objek Pajak (SISMIOP) serta penyesuaian nilai jual objek pajak (NJOP) di beberapa wilayah yang mengalamperkembangan," kata Syaifudin Zuchri.

Sementara itu membacakan sambutan Bupati KediriSekda Dede Sujana mengungkapkan bahwa penyerahan SPPT PBB-P2 tahun 2021 ini sebagai tanda awal dimulainya rangkaian kegiatan pemungutan PBB-P2 di Kabupaten Kediri.

PBB-P2 menyumbang kontribusi rata-rata sebesar 20,21% Pendapatan Asli Daerah (PAD) dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Ini juga merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah yangsignifikan dalam meningkatkan kemandirian keuangan daerah.

"Intensifikasi penerimaan PBB-P2 menjadi penting untuk meningkatkan penerimaanantara lain melalui penggunaan teknologi informasi dalam pembaharuan prosedur pelayanan yang cepat, mudah, efektif dan efisien guna meningkatkan kualitas pelayanan kepada wajib pajak dan juga peningkatan kualitas SDM aparatur yang handal," terang Dede Sujana.

"Mengingat pentingnya PBB-P2, saya harap SPPT PBB-P2 dapat segera didistribusikankepada kepala desa dan kelurahan agar segera disampaikan kepada wajib pajak. Para petugas pemungut pajak juga mengajak wajib pajak untuk segera melakukan pembayaran dan tidak menunda-nunda mendekati  jatuh tempo pada tanggal 31 Juli mendatang," tutup Dede Sujana.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar

Ada 1 komentar untuk berita ini

Lihat semua komentar

Tinggalkan komentar Anda