Seni Origami Kembangkan Kreativitas dan Stimulasi Motorik Halus Anak-anak

By Dinas Kominfo Kab. Kediri01 Nov 2023, 15:43:17 WIB Pendidikan
Seni Origami Kembangkan Kreativitas dan Stimulasi Motorik Halus Anak-anak

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kediri melaksanakan kunjungan dan mengadakan pelatihan seni melipat kertas (Origami) di TK Dharma Wanita Surat, Kecamatan Mojo (1/11/2023).

Hadir Ketua unsur pelaksana DWP Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kediri Ny. Dian Arlesti Sonny, didampingi ketua unsur pelaksana DWP Kecamatan Mojo Ny. Tri Domoyanti Heru, perwakilan unsur pelaksana DWP Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kediri, Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI), dan jajaran pengurus TK Dharma Wanita Surat Kecamatan Mojo.

Dalam kesempatan ini, Ketua unsur pelaksana DWP Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Kediri Ny. Dian Arlesti Sonny berharap dengan kunjungan hari ini kedepan bisa bersama terus mendampingi dan mensupport TK Dharma Wanita supaya kedepan semakin lebih maju dan berkembang.

"Harapan saya semoga ke depan dan jangka panjang kita bisa saling support mendampingi dan membantu TK Dharma Wanita, semoga terkait apa yang dibutuhkan insyaAllah saya akan penuhi," ujar Ny. Dian Arlesti.

Dalam acara kunjungan hari ini juga ada penyampaian dasar-dasar cara seni melipat kertas atau origami kepada anak-anak TK Dharma Wanita Surat Kecamatan Mojo yang disampaikan oleh Ngesthy Wahyu.

Diharapkan dengan seni origami ini bisa mengembangkan kreativitas dan meningkatkan stimulasi motorik halus pada anak-anak. Jadi seni origami tidak bisa instan, harus mengikuti arahan dan step by step menjadi sebuah bentuk yang diinginkan.

"Kalau untuk anak-anak sendiri banyak manfaat yang bisa diterima, seperti stimulan motorik halus, melatih konsentrasi, melatih fokus dan terpenting adalah untuk lebih menghargai proses," jelas Ngesthy.

Ditambahkan oleh Ngesthy mengatakan, jadi kita melatih anak untuk berproses, melatih kesabaran anak hanya satu dua lipatan dan bertahap tidak menuntut hasil akhirnya terlebih dahulu.

"Harapannya kita bisa melihat potensi anak untuk lebih fokus, karena seni origami tidak hanya bermain namun banyak dampak positif lainya yang bisa didapatkan," harapnya.

Terahkir kepala sekolah TK Dharma Wanita Surat Kecamatan Mojo, Sriyati mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kunjungan dan pelatihan seni origami.

"Alhamdulillah anak-anak sangat antusias sekali untuk diajari origami membuat bentuk orogami tempat kue, bentuk bunga, binatang, dll. Sangat bermanfaat sekali bagi anak-anak," pungkas Sriyati.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox