Mahasiswa KKNT 10 UTM Gelar Kegiatan Pelatihan di SDN 1 Purwokerto

By Dinas Kominfo Kab. Kediri16 Jun 2022, 15:40:50 WIB Warta Desa dan Citizen Journalism
Mahasiswa KKNT 10 UTM Gelar Kegiatan Pelatihan di SDN 1 Purwokerto

Dalam rangka pengabdian masyarakat dari Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melalui program KKN Tematik tahun 2022 dengan tema “Kebangkitan Sosial Ekonomi” Pada semester genap kali ini, UTM menerjunkan 130 kelompok yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya kelompok KKN 10 di Kediri, dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Bapak Heri Awalul Ilhamsah, S.T., M.T. dengan jumlah anggota 14 mahasiswa. Kegiatan KKNT ini dimulai tanggal 6 Mei - 2 Juli 2022.

Kelompok 10 KKN Tematik memilih lokasi di Desa Purwokerto, Kec. Ngadiluwih, Kab. Kediri sebagai sasaran dalam menjalankan beberapa program kerja yang sudah disusun. Salah satunya "Pelatihan Dasar Penggunaan Microsoft Office Word dan Pengenalan Media Pembelajaran Interaksi berbasis website Quizizz serta Lomba Mengetik Ulang Bagi Siswa SDN 1Purwokerto". Kegiatan ini berlangsung pada Kamis (16/06/2022) dengan melibatkansiswakelas 5 di SDN 1 Purwokerto.

Pada kegiatan berlangsung mereka para siswa ini dikenalkan terkait informasi teknologi sekaligus diajarkan cara menggunakan software Microsoft Office Word dan juga media pembelajaran interaktif melalui website Quizizz. Tidak hanya itu, sebagai pendorong untuk meningkatkan keterampilan dari hasil pelatihan ini maka juga diadakan lomba mengetik sebagai salah satu cara untuk mengukur keberhasilan dalam proses pelatihan berlangsung.

Penanggung jawab acara, Muhamad Viki Maulana mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan agar siswa tidak kebingungan atau Gagap Teknologi (Gaptek) dalam menjalankan tugas berbasis komputer serta dapat mempermudah mereka dalam menyelesaikan tugas belajar yang kemungkinan diberikan melalui program Microsoft Office Word.

Tentunya hal ini sejalan dengan kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok 10 KKN Tematik ini dalam melaksanakan kegiatan "Pelatihan Dasar Penggunaan Microsoft Office". Dalam implementasinya kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah yaitu dari Kepala Sekolah, ibu Sunarsih, S.Pd. SD. mengatakan

"Diharapkan dengan adanya pelatihan Microsoft Office Word ini para siswa nantinya dapat membantu untuk menyelesaikan tugas dikemudian hari agar mereka ini tidak lagi kebingungan dalam mengoperasikan software Microsoft Word serta adanya kegiatan ini semoga ada program selanjutnya untuk masa depan SDN 1 Purwokerto”, pungkasnya

Ide kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi adanya perkembangan teknologi era digitalisasi mulai saat pandemi Covid-19 yang mendorong segala aktivitas masyarakat beralih ke teknologi informasi dan komunikasi serba canggih, apalagi di bidang pendidikan sangat jelas terlihat perbedaannya. Akan tetapi memasuki tahun 2022 ini kondisi pandemi sudah cukup melandai. Akibatnya sistem penyelenggaraan pendidikan sudah menerapkan hybrid pada kegiatan belajar mengajar.

Tidak hanya KBM saja yang mengalami perubahan tentunya kesesuaian akses belajar ini juga mengalami perubahan dari tiap tahunnya, bisa diamati dari cara mengevaluasi tingkat kepemahaman dan keterampilan dalam menyelesaikan tugas belajar yang tidak hanya berbasis menulis manual saja melainkan, para siswa di Sekolah Dasar Negeri 1 Purwokerto ini juga mengalami perubahan, mereka diberikan tugas tambahan untuk mengakses internet dan menjalankan Microsoft Office Word sebagai penunjang belajar. (Muhamad Viki Maulana)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox