Persembahan Terakhir, Lokarkarya PPK Ormawa Himaptika Hype Ur Local UNP Kediri Digelar di Desa Wisata Joho

By Dinas Kominfo Kab. Kediri24 Nov 2023, 16:04:41 WIB Pendidikan
Persembahan Terakhir, Lokarkarya PPK Ormawa Himaptika Hype Ur Local UNP Kediri Digelar di Desa Wisata Joho

Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri menggelar kegiatan pengabdian dengan Tim Program Penguatan Kapasitas Ormawa (PPKO) Himpunan Mahasiswa Program Pendidikan Matematikan (Himaptika) Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri di Desa Wisata Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri (24/11). Berjalan selama tiga tahun para mahasiswa menggagas inovasi dan terus menjalin sinergi positif bersama warga Desa Joho. Pesan perpisahan tersebut tertuang dalam kegiatan lokakarya, di Rest Area Titik Nol Pendapa Wilis Desa Joho. 

Persembahan terakhir ini bertemakan Lokakarya PPK Ormawa Himaptika “Hype Ur Local” menyuguhkan sejumlah pertunjukan. Acara ini dilaksanakan juga, sebagai peringatan Hari Guru Nasional serta Penanaman Pohon Nasional. Kegiatan dihadiri oleh beberapa OPD di Lingkungan Pemkab Kediri, didampingi dosen-dosen Matematika UNP, Pemdes Joho bersama perangkatnya serta kepala sekolah, guru dan siswa SD setempat. 
Disambut dengan penampilan memukau siswa SD setempat dengan mempersembahkan puisi tentang guru karya Chairil Anwar dan Mustofa Bisri (Gus Mus). 

Turut hadir secara langsung Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin, menyampaikan pesan-pesan khusus mewakili Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, "Sesuai arahan Mas Bup, apresiasi dan terima kasih kepada seluruh pihak yang tak henti berinovasi dan turut andil dalam pembangunan potensi yang ada di Kabupaten Kediri. Melalui program yang diinisiasikan PPK Ormawa Himaptika bersama lembaga Desa Wisata (Dewi) Desa Joho adalah salah satu bagian dari contoh nyata. Sebuah upaya positif yang Mas Bup harapkan untuk terus digalakkan bersama," jelasnya.


 
Muhsin memuji sejumlah kemajuan di Desa Joho. Selama tiga tahun bersinergi, Tim PPK Ormawa Himaptika terbukti berhasil berinovasi lewat program-pogram yang tak hanya berfokus pada pengembangan potensi alam desa wisata. Namun juga merangkul masyarakat dalam sumbangsih wawasan melalui sejumlah program pelatihan. Upaya nyata dalam membagun program kolaborasi lintas organisasi vertikal, terlebih membangun koneksi positif dengan pemerintah daerah. 

“Ini adalah bentuk sinergitas baik, semoga ke depan Desa Wisata Joho bisa terus maju dan program-program bisa berkembang memberi barokah dan manfaat ke seluruh warga dan desa sekitar,” harapnya. 

Kepala Desa Joho Deddy Saputra, SKM menyampaikan terima kasih, lewat kolaborasi bersama PPKO Himaptika UNP, warga Desa Joho menjadi lebih solid dan bersemangat dalam mengembangkan desa. Banyak program yang berhasil dirasakan manfaatnya oleh warga. 

“Ini sangat berat melepas teman-teman dari UNP ini, yaitu Himaptika. Mereka yang kompak dan berhasil diterima oleh masyarakat sekitar. Mereka sangat gayeng dan berbaur,” ungkapnya. 

Mewakili mahasiswa, Dosen Pendamping PPK Ormawa Himaptika UNP 2023 Aan Nurfahrudianto, M.Pd, menyampaikan terima kasih karena sudah menerima dan membina tim dengan baik. Menurutnya, persembahan ini bukanlah akhir dari pengabdian. Tim akan terus memonitoring walau program secara kelembagaan sudah selesai. Ada dua program yang secara umum terealisasi. Yakni pengembangan desa cerdas dan desa wisata. “Terima kasih dan mohon maaf atas segala khilaf selama mahasiswa mengabdi di sini,” ucapnya. 

Terpisah, Ketua Lembaga Desa Wisata Joho Sunarso mengaku sangat terbantu. Adanya PPKO Himaptika telah membantu pihaknya terkhusus dalam hal pengelolaan desa wisata yang baik. Mulai dari administrasi dan membangun koneksi kepada sejumlah dinas terkait. “Kami sangat terbantu terlebih di dalam penataan desa wisata. Mereka tulus membantu dan memfasilitasi kami bahkan hingga larut malam,” ungkapnya. 

Selama adanya kegiatan PPKO Himaptika berhasil membuat Desa Wisata Joho sebagai desa wisata yang pulih pasca Pandemi Covid-19. Tim juga membantu desa dalam menciptakan batik khas Desa Joho untuk menguatkan identitas desa. Serta program seperti pojok literasi terkait kesenian, pendidikan, wisata, ekonomi kreatif dan penanganan lingkungan. Membuat program Hyperlocal Tourism Hub yang mana merupakan wadah pemasaran terpusat untuk mengenalkan dan mengangkat potensi lokal desa wisata. Yang tak kalah penting, PPKO Himaptika sukses dalam menguatkan legalitas hukum pengelolaan desa wisata dengan menginisiasikan dan yang pertama mengajukan SK Bupati 11 September lalu. Visitasi dilakukan oleh tim gabungan dari 8 dinas terkait Pemkab Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox