Pembukaan Festival Budaya Kuno Kini Sukses Digelar

By Dinas Kominfo Kab. Kediri20 Mar 2024, 21:00:13 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Pembukaan Festival Budaya Kuno Kini Sukses Digelar

Pemerintah Kabupaten Kediri bekerja sama dengan Radar Kediri menggelar acara Pembukaan Festival Budaya Kuno Kini, Rabu (20/3). Acara ini diselenggarakan di area Simpang Lima Gumul atau lebih tepatnya di Taman Hijau. Festival ini juga sebagian rangkaian dari Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 dan juga Ulang Tahun Jawa Pos Radar Kediri ke-25.

Hadir dalam acara kali ini Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana atau yang akrab disapa Mas Dhito, Direktur Radar Kediri, Ketua PCNU dan seluruh Kepala OPD maupun camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri. Festival Budaya ini dibuka langsung oleh Mas Bup.

Dalam sambutannya, Mas Bup berpesan agar festival budaya ini bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Kediri dari segi perekonomian.

"Besar harapan saya di festival budaya ini bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Kabupaten Kediri dari segi ekonomi, karena outcome nya yaa untuk rakyat," ujarnya.

Festival Budaya Kuno Kini ini rencana nya digelar sampai tanggal 4 April 2024, yang kalau dihitung sekitar 16 hari festival ini berlangsung. Untuk festival ini sendiri diikuti dari berbagai daerah yang ada di Jawa Timur, mulai dari Tulungagung, Blitar, Nganjuk, Trenggalek hingga sampai ke Lumajang dan sekitarnya.

Ada sekitar 210 stand yang sudah disiapkan pihak Radar Kediri untuk memeriahkan festival ini. Mulai dari makanan ringan hingga produk kesenian juga diperjualbelikan di festival ini. Acara ini juga dimeriahkan dengan Festival Jadul, Kuliner Kuno Kini, gelar UMKM dan obral produk lebaran, pentas seni budaya dan seni santri dan terakhir ada juga wahana mainan untuk anak-anak.

Ada banyak lomba yang akan digelar selama festival ini berlangsung, mulai dari pemilihan Pildacil hingga beberapa lomba yang tidak kalah menarik untuk diikuti oleh anak-anak mulai dari TPQ sampai Madrasah.

Harapannya dengan adanya kegiatan ini bisa memberikan dampak yang dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kediri karena festival budaya ini sendiri diselenggarakan selama kurang lebih 16 hari.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox