Misi Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2025-2045 adalah 'Kabupaten Kediri Berbudaya Luhur, Maju dan Berkelanjutan'

By Dinas Kominfo Kab. Kediri06 Mar 2024, 16:30:23 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Misi Pembangunan Jangka Panjang Tahun 2025-2045 adalah


Pemerintah kabupaten kediri melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Kediri tahun 2025 - 2045 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kediri Tahun 2025 di Convention Hall SLG (6/3/2024).

Acara dihadiri oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri Dr. Mohamad Solikin, M.A.P., Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, Kepala Badan Koordinasi Wilayah Pemerintahan dan Pembangunan (Bakorwil) I Madiun Provinsi Jawa Timur, R.Heru Wahono Santoso, S.Sos, M.M., Kepala Bappeda Kabupaten Kediri Dr. Ir. H. Moch. Solehudin, MM., Perwakilan Forkopimda, kepala OPD, instansi terkait, ormas serta tokoh masyarakat.

Tujuan dari Musrenbang ini adalah untuk mendapatkan saran untuk mengembangkan, memperkuat proses partisipasi dari seluruh stakeholder serta penajaman, penyelarasan dan klarifikasi melaui misi-misi arah kebijakan serta sasaran pokok RPJPD dan prioritas pembangunan daerah hingga nasional.

Dalam sambutanya, sekaligus membuka acara Bupati kediri H. Hanindhito Himawan Pramana, SH. akrab disapa Mas Dhito melalui Sekda Kabupaten Kediri, Mohamad Solikin menyampaikan misi pembangunan jangka panjang tahun 2025-2045 adalah Kabupaten Kediri yang berbudaya luhur, maju dan berkelanjutan.

"Tema tahun 2025 adalah peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) berdaya saing dalam transformasi ekonomi inklusif dan pembangunan dengan prioritas yaitu pendidikan, infrastruktur, kesehatan, produk unggulan termasuk pertanian, percepatan penurunan stunting, kemiskinan, birokrasi dan ekonomi kreatif," jelas Solikin.

"Harapan kami dukungan dari seluruh pihak stakeholder terkait serta peran aktif masyarakat akan mempercepat proses pencapaian visi misi dan program prioritas guna mensejahterakan masyarakat munuju Indonesia Emas tahun 2045," harap Solikin.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Kediri Moch. Solehudin melaporkan telah melalui beberapa tahapan proses penyusunan RPJPD sudah dimulai sejak tahun 2023.

"Dimulai dari persiapan penyusunan mulai dari konsultasi publik, forum group discussion (FGD),  penyusunan perencanaan awal (Ranwal) dikaji lebih lanjut bersama DPRD, penyusunan rancangan konsultasi RPJPD dengan pemerintah provinsi, kemudian pra musrenbang membahas visi misi sasaran pokok jangka panjang daerah, yang kemudian juga akan dibahas dalam musrenbang, dilanjutkan dengan perumusan rancangan akhir hingga penetapan," jelasnya.

Pada kesempatan kali ini untuk menyambut hari jadi Kabupaten Kediri tahun 2024 ke-1220 juga diadakan pameran di luar gedung yaitu stand pameran pembangunan inovasi serta kreatifitas putra-putri Kabupaten Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox