Mahasiswa UTM Ajak Kelompok Tani di Desa Purwokerto Praktek Pembasmian Hama Tikus Bersama

By Dinas Kominfo Kab. Kediri17 Jun 2022, 20:40:47 WIB Warta Desa dan Citizen Journalism
Mahasiswa UTM Ajak Kelompok Tani di Desa Purwokerto Praktek Pembasmian Hama Tikus Bersama

Pengabdian Kepada Masyarakat adalah salah satu program yang harus ditempuh oleh mahasiswa dari Universitas Trunojoyo Madura. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura mengambil tema "Kebangkitan Sosial Ekonomi" dalam program pengabdian kepada masyarakat pada semester genap tahun 2022 ini.

Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan pengabdian kepada masyarakat di Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri dengan Dosen Pembimbing Lapangan Bapak Heri Awalul Ilhamsah, ST. MT. Mahasiswa diharapkan ikut berpartisipasi dan membantu kegiatan masyarakat desa. Selain itu, setiap mahasiswa juga harus melaksanakan program kerja.

Terdapat beberapa macam program kerja yang dilaksanakan oleh mahasiswa, salah satunya di bidang pertanian dengan melakukan pembasmianhama tikus. Mahasiswa UTM dibantu oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri telah sukses melakukan implementasi pembasmianhama tikus bersama dengan kelompok tani Dusun Selomanen, Desa Purwokerto.

 

Kegiatan ini merupakan pengimplementasian dari Forum Group Discussion-Sosialisasi PembasmianHama Tikus yang dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Juni 2022 yang berlokasi di Kedai Santuy Selomanen dengan pemateri Bapak Slamet Widodo, SP selaku pengamat hama.  Pengimplementasian ini bertujuan agar kelompok tani Dusun Selomanen tidak hanya mendapatkan ilmu secara teori saja mengenai pembasmian hama tikus, akan tetapi juga langsung praktek dengan terjun langsung ke lahan kelompok tani agar kedepannya ilmu ini terus dipraktekkan oleh kelompok tani Dusun Selomanen Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri.            

Dalam kegiatan tersebut, bapak Slamet Widodo, SP. meminta salah satu petani untuk mempraktekkan bagaimana cara membuat jebakan untuk hama tikus yang bahan-bahannya sudah disiapkan oleh mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura serta dicampur dengan bantuan racun tikus dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri.

Setelah itu, mahasiswa UTM didampingi oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri bersama kelompok tani menuju lahan pertanian di Dusun Selomanen untuk menaruh jebakan tersebut di lahan yang di serang hama tikus. Bapak Slamet Widodo, SP mengatakan bahwa jebakan satu dengan lainnya kurang lebih harus berjarak sekitar 10 meter.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu kelompok tani dalam membasmi hama tikus di lahan pertanian, khususnya di Desa Purwokerto Kecamatan Ngadiluwih Kabupaten Kediri. (Setyo Mawarani)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox