UTD PMI Kab. Kediri Ajak Masyarakat Untuk Donor Darah

By Dinas Kominfo Kab. Kediri01 Sep 2020, 16:03:53 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
UTD PMI Kab. Kediri Ajak Masyarakat Untuk Donor Darah

Pandemi Covid-19 berdampak pada banyak hal, salah satunya terhadap ketersediaan darah di PMI. Demikian juga di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kediri, stok darah minim lantaran pendonor rutin sudah tidak datang untuk mendonorkan darahnya.

 Adapun stok darah hari ini, tanggal 1 September 2020 yaitu, golongan darah A 65 kantong, golongan darah B 98 Kantong, golongan darah O 22 kantong, dan AB 26 kantong.

Kepala UTD PMI Kabupaten Kediri, dr Arin Istiani mengatakan, minimnya golongan darah O dan AB tersebut terjadi sejak satu minggu terakhir. Alhasil, pihak PMI pun harus berusaha ekstra untuk mencari pendonor yang rela memberikan darahnya.

“Kondisi genting sudah satu minggu ini, akhirnya kita terus melakukan sosialisasi di media sosial untuk mengajak para pendonor. Jangan takut untuk donor darah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan harus memenuhi syarat yang telah dianjurkan PMI,” katanya.

Ia juga menjelaskan, untuk stok aman, tiap-tiap darah harus di angka 200an kantong. Jika tidak, sewaktu-waktu PMI bisa kehabisan stok darah.

“Untuk stok darah O sangat menipis karena memang rata-rata orang membutuhkan golongan darah O. Jadi stok paling aman di PMI minimal 200,” lanjutnya.

Hingga hari ini upaya yang bisa dilakukan PMI yakni dengan cara menelfon tiap-tiap pendonor aktif, upaya tersebut dinilainya menjadi satu-satunya cara agar tidak kehabisan darah.

“Namun alhamdulillah dengan upaya menelfon para pendonor lama yang aktif, mereka mau untuk mendonorkan darahnya,” tuturnya.

Adapun upaya lain seperti menggelar Donor Darah Keliling, hingga detik ini masih belum diperbolehkan untuk dilakukan. “Belum boleh karena akan mengundang masa dan memperbesar potensi penyebaran Covid-19,” pungkasnya. (Kominfo/fd,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox