'Kala Senja di Bumi Panjalu' Kentrung Kreasi Ramaikan Taman Totok Kerot

By Dinas Kominfo Kab. Kediri29 Nov 2023, 13:20:51 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan


Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) ke-78, Dinas pendidikan Kabupaten Kediri menyelenggarakan Pagelaran Seni Kentrung Kreasi Modern dengan tema Kala Senja di Bumi Panjalu. Acara ini diselenggarakan di Taman Totok Kerot, Kecamatan Pagu, Rabu (29/11).

Acara dikemas dengan balutan budaya kesenian kentrung. Kentrung adalah kesenian asli Indonesia yang berasal dari Jawa. Kesenian Kentrung merupakan sastra tutur yang di dalamnya menggunakan cerita rakyat, instrumen dan pantun. Kentrung Kreasi dimulai dengan lakon Jimat Lontar Nyi Girah.

Dalam sambutannya, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan acara ini dilaksanakan agar bisa nguri-uri budaya salah satunya kesenian kentrung, serta menjadi wadah untuk berdiskusi terkait kebijakan pendidikan di Kabupaten Kediri serta kesejahteraan guru.

Mas Dhito, sapaan akrab Bupati Kediri bertanya-jawab dengan para guru Tapos, Paud, SD dan SMP yang memadati area Taman Totok Kerot. Sejumlah usulan umumnya adalah permintaan kenaikan insentif. Menanggapi hal tersebut, Mas Dhito menyampaikan akan ada kenaikan insentif guru yang dilaksanakan tahun 2024. Namun demikian, Mas Dhito menyarankan terkait kenaikan insentif guru berapapun akan tidak cukup, tapi guru juga di sarankan memulai wirausaha. 

Selain itu ditambahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri Mokhamat Muhsin, "Acara ini adalah kali pertama dilaksanakan dengan melibatkan guru kesenian dalam pertunjukan Kentrung, acara ini nantinya akan dilaksanakan berkelanjutan. Selain itu semoga kentrung juga menjadi salah satu daya tarik tempat wisata yang ada di Kabupaten Kediri". 

Beberapa stand pameran UMKM Kabupaten Kediri turut meramaikan lokasi, menjual aneka olahan makanan.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox