Piala Kerajaan Kediri III, Upaya Pelestarian Satwa Burung dan Tingkatkan Pelaku UMKM.

By Dinas Kominfo Kab. Kediri26 Nov 2023, 17:11:45 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Piala Kerajaan Kediri III, Upaya Pelestarian Satwa Burung dan Tingkatkan Pelaku UMKM.

Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana membuka acara lomba burung berkicau Piala Kerajaan Kediri III. Acara ini bekerja sama dengan organisasi Pelestari Burung Indonesia (PBI) bertempat di halaman belakang Kantor Pemkab Kediri (26/11/2023).

Acara dibuka ditandai dengan pemukulan gong dilanjutkan dengan pelepasan berbagai jenis burung oleh Mas Dhito sapaan akrab Bupati Kediri didampingi jajaran pengurus PBI dan jajaran Forkopimda.

Bupati Kediri Mas Dhito berharap dengan diselenggarakannya acara ini bisa turut serta melestarikan satwa burung di Indonesia khususnya di wilayah Kabupaten Kediri.

“Saya titip kalau memang ada satwa burung yang langka atau perlu perawatan ekstra, treatment ekstra, tolong kami pemerintah diberitahu lokasinya dimana, titiknya dimana nanti akan kami rawat supaya tidak ada populasi satwa yang punah terutama burung dalam hal ini,” ucap Mas Bupati.

Antusias peserta sangat luar biasa baik dari dalam dan luar daerah, tercatat kurang lebih 1500 peserta dari seluruh Nusantara. Beragam burung dilombakan dalam event ini, seperti murai batu, branjangan, kacer, kenari, anis merah, kacer, cendet, dan lain-lain.

Pemerintah Kabupaten Kediri siap mensupport pelaksaan perlombaan burung tersebut. 

“Tahun ini sekitar 1000 peserta, harapannya nanti tahun 2024 bisa 3.000 sampai 5.000 peserta,” kata Mas Bup.

Sementara itu, Ketua Umum PBI Pusat Bagiya Rakhmadi mengapresiasi kegiatan perlombaan burung yang diinisiasi PBI Cabang Kabupaten Kediri, PBI merupakan organisasi yang memiliki visi misi utama dalam pelestarian satwa burung di Indonesia.

“Yang utama adalah pelestarian satwa, lomba burung itu hanya bagian untuk memperkenalkan hasil tangkaran,” jelasnya. 

Saat ini penangkaran burung berkicau telah menjadi usaha yang mulai banyak dilirik karena mampu menumbuhkan perekonomian warga. 

“Saya berharap para penangkar binaan PBI Kabupaten Kediri bisa eksis, bertambah banyak dan menghidupkan perekonomian di Kabupaten Kediri,” jelas Bagiya.

"Di Kediri ini banyak peternak burung. Kediri ini gudangnya peternak murai batu, kenari sehingga mereka juga bisa mengikutsertakan produknya, agar peternak dan pengrajin di Kabupaten Kediri semangat meningkatkan produktivitasnya," ujarnya.

Ditambahkan Ketua PBI Jawa Timur Heri Soegihono mengatakan, dengan lomba ini bisa mendongkrak pelaku UMKM seperti pengrajin sangkar. 

"Di Kediri ini gudangnya peternak murai batu sehingga mereka juga bisa mengikutsertakan produknya. Supaya peternak dan pengrajin di Kabupaten Kediri semangat meningkatkan produktivitasnya,"  pungkasnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox