Kabupaten Kediri Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa Dari Kemenkes

By Dinas Kominfo Kab. Kediri28 Nov 2023, 23:54:13 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Kabupaten Kediri Raih Penghargaan Swasti Saba Padapa Dari Kemenkes

Pemerintah Kabupaten Kediri kembali raih penghargaan di bidang kesehatan di tingkat Nasional. Penghargaan dari Kementerian Kesehatan yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Gunadi Sadikin kepada Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa pada malam penganugerahan yang bertempat di Kempinski Grand Ballroom Jakarta, Selasa (28/11/2023).

Penghargaan berupa Swasti Saba Padapa merupakan tekat Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana untuk mewujudkan Kabupaten Kediri sehat. Kabupaten/kota sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yg dicapai melalui terselenggaranya penerpaan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Ada tiga tingkatan Swasti Saba untuk penilaian Kota/Kabupaten Sehat yakni Swasti Saba Padapa (Pemantapan), Swasti Saba Wiwerda (Pembinaan) dan yang tertinggi Swasti Saba Wistara (Pengembangan). Kabupaten Kediri sendiri menjadi salah satu kota/kabupaten yang menerima predikat Padapa.

Penghargaan Swasti Saba Padapa (Pemantapan) diberikan karena Kabupaten Kediri sudah memenuhi 9 tatanan nilai kabupaten sehat, karena ada syarat ODF (Open Defecation Free) atau sudah terbebas dari Buang Air Besar Sembarangan dengan capaian Minimal 80?sa ODF dan capaian indikator per tatanan 71% - 80%.

Ditemui usai acara penganugerahan, Wakil Bupati Kediri yang disapa Mbak Dewi mengatakan hari ini  mendapatkan anugerah penghargaan Swasti Saba Padapa Kabupaten/Kota Sehat. 

"Untuk Kabupaten Kediri sudah 3 kali mendapatkannya mulai 2017, 2019 dan 2023 ini", terangnya.

"Karena ada syarat ODF, sekarang targetnya mengejar bagaimana Kabupaten Kediri bisa ODF, nanti ketika ODF selesai kita bisa setara", imbuhnya.

Harapan kedepannya, lanjut Mbak Dewi, kita pasti akan mempertahankannya dan harus bisa mencapai yang lebih tinggi yaitu Swasti Saba Wiwerda.

"Yang paling penting Kabupaten Kediri bisa menjadi Kabupaten Sehat dan mengejar yang belum tercapai yaitu ODF", jelasnya.

Saya berpesan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kediri mari kita jaga kesehatan baik dimulai dari diri kita sendiri, rumah kita, lingkungan kita dan masyarakat kita pada umumnya.

"Dengan Kabupaten Kediri menjadi wilayah yang sehat, maka tentunya akan dijauhkan dari wabah dan penyakit apapun di Kabupaten Kediri", pungkasnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2023 Kabupaten kediri mengikuti Kabupaten/Kota Sehat (KKS) dengan penghargaan Swasti Saba Padapa (waktu usulan ODF masih 82?n mengambil 9 tatanan dengan capaian indikator sekitar 82%).




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox