Semarakan HUT RI Ke-78 Tahun 2023, Dorong Kreatifitas dan Inovasi DPMPD Kabupaten Kediri Gelar Lomba TTG Tingkat Kabupaten.

By Dinas Kominfo Kab. Kediri11 Agu 2023, 16:23:47 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Semarakan HUT RI Ke-78 Tahun 2023, Dorong Kreatifitas dan Inovasi DPMPD Kabupaten Kediri Gelar Lomba TTG Tingkat Kabupaten.

Dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-78 pemerintah kabupaten kediri melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Kediri menggelar lomba Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat kabupaten tahun 2023.

Lomba TTG ini merupakan lomba yang diadakan setiap tahun sebagai bentuk apresiasi serta bertujuan untuk mendorong kreatifitas masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Kediri sehingga nantinya muncul inovasi-inovasi teknologi tepat guna yang berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk lomba TTG tahun ini, antusias masyarakat sangat tinggi terbukti dengan jumlah peserta mendaftar tahap administrasi mencapai 58 inovator dan selanjutnya nanti akan kembali diseleksi tahap kedua oleh dewan juri hingga tersisa 11 inovator yang akan dinilai pada tahap seleksi lapang.

Kepala DPMPD Kabupaten Kediri, Agus Cahyono menjelaskan minggu kemarin sudah kita lakukan penilaian secara administrasi dan tahap kedua dilaksanakan mulai minggu ini tanggal 7-11 Agustus 2023 dilakukan tahap seleksi lapang untuk menentukan juara.

Pada seleksi tahap kedua ini sudah terpilih 11 karya TTG. Selanjutnya, dewan juri akan melakukan kunjungan langsung kelapangan untuk melihat presentasi dan produk TTG yang lolos tahap kedua. Hingga nanti penentuan juara 1 hingga 6, serta 5 nominator yang merebutkan total hadiah mencapai 60 juta rupiah.

"Apresiasi dan dukungan dari Mas Bup sangat luar biasa terhadap proses kegiatan lomba TTG ini, harapannya dengan lomba TTG ini bisa mewadahi masyarakat terkait dengan inovasi-inovasi kreativitas teknologi di masyarakat", harap Agus Cahyono.

Agus menambahkan pengumuman juara dan pemberian hadiah nanti akan kita berikan kepada pemenang pada saat resepsi HUT RI ke-78 tahun 2023.

 "Nantinya yang juara 1 seperti tahun-tahun sebelumnya nanti kami akan ikutkan lomba TTG ke tingkat Provinsi Jatim. Alhamdulillah, 2 tahun sebelumnya secara berturut-turut kabupaten kediri masuk nominasi 5 besar lomba TTG tingkat Provinsi Jatim", ucapnya.

Untuk penilaian tahap seleksi kedua ini dinilai oleh dewan juri dari akademisi dan tenaga ahli dibidangnya, yaitu Kabid Inovasi dan Teknologi Balitbangda Kabupaten Kediri, Ir. Yusuf Wibisono, MMA., Dosen Fakultas Teknik Universitas Nusantara PGRI Kediri, Hesti Istiqlaliyah, M.Eng. serta Tenaga Ahli P3MD Provinsi Jatim di Kabupaten Kediri, Tamara Zamroni.

Ditemui di sela penilaian (8/8/2023) menurut salah satu juri Yusuf Wibisono menjelaskan, kita berkunjung langsung ke lokasi 11 nominator untuk menilai secara langsung karya TTG sesuai dengan yang didaftarkan.

"Poin-poin yang dinilai pertama krativitasnya apakah itu produk yang baru, atau produk lama yang disempurnakan, kemudian juga ada relevansinya kegunaan untuk apa dan dari sisi biaya pembuatannya semakin murah dan semakin bermanfaat itulah yang kita harapkan", jelas Yusuf.

"Kita terus mendukung dan memberikan motivasi dorongan untuk para inovator-inovator untuk lebih aktif dan meningkatkan kreativitasnya untuk membuat inovasi teknologi energi baru terbarukan", harapnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox