Pemerintah Kabupaten Kediri Rayakan Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023

By Dinas Kominfo Kab. Kediri31 Jul 2023, 16:03:11 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Pemerintah Kabupaten Kediri Rayakan Hari Koperasi ke-76 Tahun 2023

Pemerintah Kabupaten Kediri memperingati Hari Koperasi ke-76 di Area Wisata Sendang Tirto Kamandanu, Desa Menang, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri, Senin (31/7/2023). Hadir dalam acara tersebut Sekda Kabupaten Kediri Dr. Mohamad Solikin M.AP, Ketua Umum Dekopin Dr. Hj. Sri Utari Bisowarno M.AP dan jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya, Mohamad Solikin Sekda Kabupaten Kediri yang dalam hal ini mewakili Mas Bup menjelaskan bahwa tema koperasi tahun ini yakni "Kemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat" mempunyai makna bahwa koperasi yang tumbuh dan berkembang akan mampu menjadi solo guru perekonomian masyarakat.

"Dalam tema koperasi hari ini yakni Kemajuan Koperasi Kunci Kesejahteraan Masyarakat mempunyai makna bahwa koperasi yang tumbuh dan berkembang menjadi tangguh, mandiri dan modern akan mampu menjadi solo guru perekonomian masyarakat kita," ujarnya.

Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Kediri dalam membangun koperasi yaitu dengan mengadakan pelatihan guna membangun manajamen yang baik serta pemanfaatan digitalisasi.

Ditambahkan oleh Sri Untari selaku Ketua Umum Dekopin menjelaskan bahwa di undang-undang dasar pembukaan ada kalimat Pancasila dan di pasal 33 ayat 1 ada kalimat yang berbunyi "perekonomian disusun sebagai usaha bersama berlandaskan azas kekeluargaan".

"Maka kita semuanya selaku pelaku koperasi harus memiliki landasan dan dasar itu dan kita bangkit dan bergerak," tambahnya.

Hari Koperasi di Indonesia sendiri pertama kali ditetapkan pada tanggal 12 Juli 1947. Yakni pada penyelenggaraan Kongres Koperasi Pertama. Koperasi ini sendiri didirikan untuk menolong para pegawai yang terjerat pinjaman dengan bunga yang tinggi.

Mas Bup dan Pemerintah Kabupaten Kediri akan terus berupaya untuk menumbuhkan koperasi berkualitas yang memiliki daya saing dengan badan usaha lain melalui program rintisan koperasi modern. Upaya yang dilakukan adalah dengan mendorong Koperasi agar adaptif dan kolaboratif.

Mohamad Solikin berharap dengan acara Hari Koperasi ini bisa meningkatkan literasi perkoperasian pada generasi muda agar tertarik untuk berkoperasi.

"Pemerintah akan menggelorakan bangga berkoperasi dan Indonesia maju yang terhubung dengan program gerakan revolusi mental yang berusulan untuk meningkatkan literasi perkoperasian pada generasi muda agar tertarik untuk berkoperasi," harapnya.

Peringatan Hari Koperasi ke-76 ini juga diwarnai dengan pemotongan tumpeng dan juga penyerahan sertifikat kepada sejumlah koperasi berprestasi yang ada di Kabupaten Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox