PTM Harus Terapkan Prokes Ketat

By Dinas Kominfo Kab. Kediri03 Jun 2021, 17:00:38 WIB Pendidikan dan Olahraga
PTM Harus Terapkan Prokes Ketat

Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri terus melakukan monitoring dan evaluasi ke sekolah-sekolah, untuk memastikan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) untuk SD dan SMP di Kabupaten Kediri yang sudah satu bulan berjalan. Langkah ini untuk mengetahui kondisi PTM tersebut apakah mengikuti protokol kesehatan atau tidak.

Sejauh ini semua SD dan SMP di Kabupaten Kediri sudah mengikuti mekanisme yang ada. Kegiatan pembelajaran di kelas hanya diikuti separuh dari jumlah siswa dan sehari dilaksanakan dua kali PTM. Hal ini dilakukan karena saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid 19 dan Kabupaten Kediri masih masuk zona oranye.

Sujud Winarko Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri mengatakan, upaya PTM ini sebagai bentuk persiapan PTM di bulan Juli mendatang. Karenanya evaluasi perlu dilakukan secara intensif dan berkelanjutan.

“Salah satu persiapan yang dilakukan adalah membentuk tim satgas Covid-19 di setiap lembaga sekolah. Sehingga ada satu penghubung untuk permasalahan Covid-19,” jelas Sujud.

Untuk SD saat ini masih berlangsung uji coba PTM dengan jumlah siswa satu kelas maksimal 15 orang, jaga jarak dan mengenakan masker atau face shield. Selanjutnya guru juga menerapkan prokes ketat dan harus sudah divaksin.

“Ini bagian dari upaya berkelanjutan agar anak tetap sehat dan terhindar dari Covid 19. Karenanya kami akan terus pantau bersama para pengawas dan kepala sekolah. Kami berharap siswa dan guru tetap ikuti prokes dengan ketat sekalipun jam PTM sangat terbatas pada uji coba ini,” katanya.

Ditambahkannya, keberadaan posko di sekolah adalah sebagai langkah antisipasi jika terjadi masalah kesehatan. Sujud berharap, setiap waktu pengawas dan kepala sekolah bisa memberikan laporan monev yang dilakukan di masing-masing wilayah tugasnya. (Kominfo/ar,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda