Satukan Tekat, Tingkatkan Kualitas Pendidikan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri03 Mei 2021, 16:20:26 WIB Pendidikan dan Olahraga
Satukan Tekat, Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Setiap tanggal 2 Mei bangsa Indonesia memperingati Hari Pendidikan Nasional dengan mengadakan upacara bendera, termasuk di Kabupaten Kediri. Tahun ini Hardiknas jatuh padahari libur yaitu hari Minggu, oleh karenanya upacara dilaksanakan pada hari Senin tanggal 3 Mei 2021 di lapangan Kantor Pemkab Kediri.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa.Berbeda dengan peringatan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini untuk petugas upacara diisi oleh para pelajar. Sedangkan bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Umoyo, guru SDN Sukorejo 1 Kecamatan Ngasem.

Berlangsung dengan khidmat, upacara ini diikuti pula oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri, Ketua DPRD Kabupaten Kediri, Sekretaris Daerah Dede Sujana dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kediri. Karena masih dalam masa pandemi, upacara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan dengan jumlah peserta terbatas.

Membacakan sambutan Bupati Kediri,Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa mengatakan, peringatan Hari Pendidikan Nasional setiap tanggal 2 Mei dilatarbelakangi oleh hari lahirnya pahlawan nasional yang sangat berjasa dalam dunia pendidikan di Indonesia yaitu Ki Hajar Dewantara.

"Peringatan Hari Pendidikan tahun 2021 ini mengusung tema " Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar", tema tersebut bermakna bahwa menciptakan pendidikan bermutu dan berkualitas merupakan tugas kita bersama, bukan hanya guru atau lembaga pendidikan saja. Keluarga dan masyarakat juga harus terlibat, terlebih keluarga merupakan  pihak yang pertama kali memberikan pendidikan karakter pada anak," terangnya.

Mbak Wabup menambahkan, terlahir di era digital dan pesatnya teknologi, peserta didik generasi Z lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Maka dari itu ketiga pusat pendidikan tersebut harus saling mendukung.

"Pandemi tidak boleh menurunkan semangat anak belajar. Pandemi ini membuat anak lebih banyak anak beraktivitas di rumah dan lebih dekat dengan keluarga. Maka dari itu keluarga harus bisa memberikan pendidikan membentuk berkarakter dan bermartabat,"pungkasnya. (Kominfo/lks,dn,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda