Pemerintah Kabupaten Kediri Gelar Pasar Kangen Mangga Podang

By Dinas Kominfo Kab. Kediri22 Nov 2023, 15:56:32 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Pemerintah Kabupaten Kediri Gelar Pasar Kangen Mangga Podang

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Diskopusmik) menyelenggarakan acara Pasar Kangen mangga podang di Lapangan Kalibelo, Kecamatan Tarokan (22/11). Acara ini juga melibatkan 7 kecamatan, yakni Kecamatan Ngasem, Kecamatan Gampengrejo, Kecamatan Banyakan, Kecamatan Grogol, Kecamatan Tarokan, Kecamatan Semen dan Kecamatan Mojo.

Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri, Dr. Mohamad Solikhin M.AP, Ketua Pokja 1 TP PKK Kabupaten Kediri Dra. Dyah Saktiana, Camat se-Kabupaten Kediri dan Kepala OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kediri.

Dalam sambutannya, Solikhin menjelaskan bahwa mangga podang merupakan produk unggulan yang ada di Kabupaten Kediri, ini merupakan tugas bersama untuk merawat dan memelihara buah mangga podang agar bisa selalu panen tepat waktu.

"Saya sampaikan kepada bapak/ibu yang hadir di acara ini, kita harus selalu merawat dan memelihara buah mangga podang ini, tentunya ini merupakan tugas dari pemerintah daerah untuk terus mengembangkan produk unggulan mangga podang," ujarnya.

Mangga podang sendiri merupakan produk unggulan di Kabupaten Kediri. Di pasar kangen sendiri banyak pelaku UMKM yang sudah mengolah olahan mangga podang ini. Ada rendang mangga podang, gudeg mangga podang, brownies mangga podang, selai mangga podang dan masih banyak lagi.

Mangga podang bisa dipanen sekali dalam setahun yaitu diantara bulan September-Desember. Itu merupakan bulan dimana buah mangga podang bisa dipanen dan dinikmati.

"Mangga podang merupakan buah musiman yang hanya bisa dipanen pada saat-saat bulan tertentu, jadi kita harus melakukan inovasi dan kreasi agar disaat tidak musim nya, buah ini tetap bisa dikonsumsi oleh masyarakat," jelas Solikhin.

Dalam acara pasar kangen ini juga diadakan lomba olahan mangga podang yang diikuti oleh 7 kecamatan eks Korcam Grogol. Acara ini semakin menarik dengan pembukaan mengenyot buah mangga podang sesuai dengan cara tradisionalnya oleh para undangan yang hadir.

Solikhin berharap dengan acara pasar kangen ini tidak hanya sampai disini saja, melainkan nantinya bisa muncul olahan-olahan mangga podang dan bisa dipromosikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kediri mengingat sebentar lagi akan ada bandara.

"Saya berharap dengan kegiatan pasar kangen ini tidak hanya sampai disini saja, melainkan para pelaku UMKM bisa membuat olahan-olahan mangga podang yang bisa dipromosikan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Kediri," harapnya.

Pasar kangen ini diselenggarakan selama 2 hari, yaitu mulai tanggal 22-23 November 2023 dengan menyajikan berbagai olahan mangga podang khas Kabupaten Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox