Gurihnya Ketan Durian Desa Mlancu

By Dinas Kominfo Kab. Kediri03 Nov 2023, 12:30:27 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Gurihnya Ketan Durian Desa Mlancu

Ketan durian menjadi salah satu produk UMKM unggulan Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri. Olahan durian pun juga ada banyak, mulai dari ketan durian, pancake durian, fla durian, mochi durian hingga es krim durian.

Dengan rasa yang gurih, manis dan legit ketan durian ini perlu untuk dipromosikan dan di kembangkan. Bahkan saat produk ini dipamerkan di acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri, produk makanan ini sangat diminati oleh masyarakat yang datang di acara tersebut.

Saat ditemui di kediamannya di Desa Mlancu Kecamatan Kandangan Kamis (2/11/2023), Mulyono sebagai owner ketan durian mengatakan kuliner ketan durian ini akan banjir orderan pada saat musim panen durian yaitu bulan November sampai bulan Maret. Di bulan ini pesanan akan meningkat sampai berkali-kali lipat.

Untuk penjualan ketan durian ini tidak hanya lingkup Kabupaten Kediri saja, bahkan bisa sampai ke wilayah tetangga seperti Batu, Jombang, Trenggalek dan beberapa daerah di Jawa Timur. Bahkan ada pembeli yang juga berasal dari Jakarta maupun dari luar daerah.

Adapun bahan yang digunakan untuk membuat ketan durian adalah beras ketan, gula, santan, garam, daun pandan, bawang merah 1 siung dan buah durian tentunya. Untuk prosesnya pun juga sangat mudah dengan mencampurkan semuanya dan juga terakhir ada racikan khusus yaitu dicampur dengan bawang merah.

Yang menjadi ketan durian ini menjadi best seller adalah dengan tidak dicampurkannya ketan dengan duriannya. Ketan dan durian dipisah yang nantinya akan dicampur apabila si pembeli menikmati makanan ini.

Harga ketan durian ini pun cukup terjangkau dan murah, 1 cup 450gr dibanderol dengan harga 5ribu saja. Dengan harga tersebut masyarakat sudah bisa menikmati lezatnya ketan durian asli Mlancu ini.

Mulyono selaku owner ketan durian ini berharap agar produk ini bisa dikembangkan lagi dan nantinya bisa menjadi makanan khas yang ada di Kabupaten Kediri.

 




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox