Lewat Acara Peringatan Hari Anak Nasional, Mbak Chica Berikan Pesan Kepada Orang Tua Agar Memperhatikan Si Buah Hati

By Dinas Kominfo Kab. Kediri11 Agu 2023, 15:32:14 WIB Keluarga, Tokoh dan Agama
Lewat Acara Peringatan Hari Anak Nasional, Mbak Chica Berikan Pesan Kepada Orang Tua Agar Memperhatikan Si Buah Hati

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui DP2KBP3A menggelar acara Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 dengan tema "Anak Terlindungi Indonesia Maju" di Wisata Pancar Wonotirto, Desa Gayam, Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri (11/8/2023). Hadir dalam acara tersebut Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Erianni Annisa Hanindhito atau yang akrab disapa Mbak Chica, Kepala Dinas DP2KBP3A dr. Nurwulan Andadari, Forkopimcam serta anak-anak dari TK 4 korcam di Kabupaten Kediri.

Mbak Chica menjelaskan bahwa orang tua harus membatasi tentang penggunaan gadget yang berlebihan kepada anak, karena bisa berdampak negatif bagi pertumbuhan anak nantinya.

"Kalau pegang gadget yang ngasih pasti orang tuanya, jadi gimana pun juga jadi orang tuanya yang harus membatasi penggunaan gadget," jelasnya.

Peran orang tua sangat penting didalam pertumbuhan anak. Orang tua harus punya ketegasan tentang pembatasan penggunaan gadget, misalnya dengan mengajak bermain anak ataupun mungkin dengan memperkenalkan hal-hal yang baru.

Anak-anak sangat rentan terpengaruh dalam lingkungan sekitar. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa jadi akan membuat efek negatif pada anak, seperti emosi yang tidak terkontrol hingga bisa tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Kekerasan pada anak juga sering terjadi dalam beberapa waktu ini. Setidaknya di tahun 2022 sendiri terdapat kurang lebih 50 kasus kekerasan pada anak, dimana sebagian besar adalah kekerasan seksual.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas DP2KBP3A Nurwulan Andadari, para orang tua akan terus diberikan edukasi mengenai kekerasan pada anak karena kekerasan pada anak pada dasarnya dilakukan oleh orang terdekatnya.

"Kita berharap untuk satgas PPA (Perlindungan Perempuan dan Anak) bisa berfungsi agar terus melukan edukasi tentang kekerasan pada anak," tambahnya.

Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2023 ini juga sebagai langkah awal bagaimana pentingnya peran orang tua supaya anak bisa terhindar dari hal-hal negatif.

Mbak Chica berharap dengan kegiatan ini anak-anak di Kabupaten Kediri bisa tumbuh sesuai usia nya dan tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

"Semoga anak-anak di Kabupaten Kediri ini bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia nya, sesuai pada zamannya dan juga tumbuh menjadi anak-anak yang sehat,cerdas dan ceria," harapnya




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox