Beras dan Telur Kebutuhan Pokok Yang Diburu Warga

By Dinas Kominfo Kab. Kediri21 Mar 2024, 19:00:04 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Beras dan Telur Kebutuhan Pokok Yang Diburu Warga

Gerakan pangan murah yang digagas oleh Mas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana sebagai upaya mengendalikan harga kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024 disambut antusiasme warga Desa Keniten, Kecamatan Mojo.

Tidak hanya warga Keniten saja, warga desa sekitar sejak pagi warga sudah rela antri memenuhi lokasi di Balai Desa Keniten demi mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah bila dibandingkan dengan harga di pasaran, (21/3/2024).

Sejak gelaran pangan murah yang pertama hingga ke-14 kalinya di Desa Keniten Kecamatan Mojo ini, beras, telur dan gula pasir masih menjadi kebutuhan yang paling cari oleh warga. Untuk harga beras medium di pasaran mencapai harga Rp70.000 per 5 kg, di lokasi pangan murah dijual hanya Rp52.000 per 5 kg.

Begitu juga gula pasir di pasaran yang harga cenderung naik hingga Rp17.000 per kg dijual dengan harga Rp.15.500 per kg, kemudian telur dijual murah dengan harga Rp28.000 per kg. Hal tersebut menunjukan bahwa kegiatan ini memang sangat dinantikan oleh masyarakat untuk pemenuhan sehari-hari.

Tak butuh waktu lama, beras SPHP dari bulog yang kali ini membawa kurang lebih 7 ton ludes diserbu warga, kemudian telur juga sudah habis sampai tak tersisa.

Pada kesempatan lain, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten Kediri drh, Tutik Purwaningsih menghimbau kepada masyarakat agar tidak panic buying.

 "Insyaallah ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Kediri mencukupi, ada momen seperti ini beli seperlunya, InsyaAllah kami selalu ada untuk beberapa titik lokasi yang membutuhkan," terangnya.

"Sesuai dengan arahan Mas Bup, bahwasanya kebutuhan masyarakat menjadi prioritas dan hari ini bisa dilihat hampir semua kebutuhan pokok kami siapkan dengan berkolaborasi dari berbagai pihak," ungkapnya.

Median Sukarno Putra, warga Desa Tambibendo bersama ibunya yang ikut antri beras, menurutnya kegiatan ini sangat membantu meringankan warga karena harga kebutuhan pokok cenderung mahal.

"Saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kediri, semoga kegiatan seperti ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat dan dapat dirasakan secara merata oleh seluruh warga. Kami berharap, harga bisa segara normal seperti sedia kala," pungkasnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox