41.240 Kg Bantuan Beras Bagi 2.062 KPM di Kec. Kepung

By Dinas Kominfo Kab. Kediri28 Nov 2020, 15:00:44 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
41.240 Kg Bantuan Beras Bagi 2.062 KPM di Kec. Kepung

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial (Dinsos) dengan tetap menjalankan protokol kesehatan kembali menyalurkan bantuan beras bagi warga terdampak Covid-19. Hari ini, Sabtu (28/11) penyaluran beras dilakukan di lima lokasi yaitu di Kecamatan Ngancar, Kecamatan Kepung, Kecamatan Kandangan, Kecamatan Plosokaten dan Kecamatan Gurah.

Bertempat di Kec. Kepung, Kabid Penanganan Fakir Miskin Dinsos Kab. Kediri Ariyanto mengatakan, bantuan beras ini dalam rangka penanganan Covid-19 di Kab. Kediri yang sebelumnya dilaksanakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Jadi periode bulan Mei sampai Agustus disalurkan oleh BPBD, berikutnya di bulan September hingga Desember dilaksanakan oleh Dinsos, dan untuk hari ini adalah penyaluran bantuan di bulan September dan Oktober. Jadi masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima 20 kg beras," jelas Ariyanto di sela pengecekan pendistribusian beras di kantor Kecamatan Kepung.

"Untuk Kec. Kepung jumlah beras yang didistribusikan sebanyak 41.240 Kg atau 4.124 sak. Setiap sak berisi 10 kg beras diperuntukkan 2.062 KPM yang tersebar di 10 Desa. Jadi setiap bulan KPM mendapatkan 10 kg beras, karena ini 2 bulan langsung diberikan 20 Kg/KPM," jelasnya.

Ari menambahkan, untuk usulan data KPM setiap desa kurang lebih sama dengan data BPBD kemarin. Nantinya setelah beras berada di kantor kecamatan, akan diambil pihak desa dan langsung didistribusikan ke warga.

"Untuk kriteria KPM adalah warga yang terdampak siginifikan akibat pandemi Covid-19 dan tidak mendapatkan bantuan Bansos lainnya seperti program sembako atau program bantuan non tunai, PKH, penerima Kartu Prakerja, BLT dari Kemensos, JPS dari Provinsi," tambah Ariyanto.

“Harapannya bantuan beras ini tepat sasaran dan bermanfaat. Otomatis dari sisi pengeluaran terbantu karena bisa menghemat untuk biaya kebutuhan pokok," pungkas Ariyanto.

Sebagai informasi, jumlah penerima bantuan beras di Kec. Kepung tersebar di 10 desa, dengan rincian Desa Besowo 140 KPM, Desa Brumbung 84 KPM, Desa Damarwulan 155 KPM, Desa Kampung Baru 697 KPM, Desa Kebonrejo 152, Desa Keling 61 KPM, Desa Kencong 43 KPM, Desa Kepung 349 KPM, Desa Krenceng 258 KPM, dan Desa Siman 123 KPM. (Kominfo/dn,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda