Upaya Pencegahan Stunting Pemerintah Kecamatan Ngasem Gelar Pelatihan Bagi KPM dan RDS

By Dinas Kominfo Kab. Kediri12 Des 2023, 16:37:26 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Upaya Pencegahan Stunting Pemerintah Kecamatan Ngasem Gelar Pelatihan Bagi KPM dan RDS

KEDIRI- Pemerintah Kecamatan Ngasem melalui Sekretaris Desa (Sekdes) se- Kecamatan Ngasem mengadakan pelatihan bagi Kader Pembangunan Desa (KPM) dan Pengurus Rumah Desa Sehat (RDS) selama dua hari bertempat di Hotel Front One Inn, Selasa (12/12/2023).

Ketua Panitia Penyelenggara Arry Wahyu Pangestuti yang juga menjabat sebagai Sekdes Desa Ngasem menyampaikan peserta pelatihan ini terdiri dari 12 KPM dan 12 Bidan Desa pengurus RDS seluruh desa se-Kecamatan Ngasem. 

"Maksud dan tujuan pelatihan ini adalah bagi pengurus RDS khususnya bidan desa dapat berkolaborasi dengan Kader Pembangunan Manusia di desa masing-masing yaitu tercapainya satu visi-misi bersama terutama fokus pada penanganan stunting di desa masing-masing," jelasnya.

Jadi diharapkan nantinya adanya komunikasi yang lebih intens antara kader dan bidan desa kedepanya seperti apa program-program tugas dan fungsi RDS dapat diimplementasikan kemasyarakat, berkolaborasi bersama fokus mengentaskan stunting dan masalah kesehatan lainya.

Sementara itu salah satu narasumber Kepala UPTD Puskesmas Ngasem dr. Ria Rohmatul Karimah memaparkan data kesehatan di seluruh desa di wilayah Kecamatan Ngasem, terutama masalah stunting dan juga wasting.

"Jadi nanti kita bisa mengajak peserta untuk menganalisa data di desanya masing-masing dan Rumah Desa Sehat (RDS) itu sebagai pusat data sehingga nantinya RDS tersebut bisa maksimal dan berfungsi dengan baik bermanfaat bagi masyarakat," terangnya.

Acara dilanjutkan oleh pemateri selanjutnya dengan tema pendataan dan pelaporan stunting desa yaitu dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Kediri, Aprila Hendriyo Saharso berpesan khususnya kepada kader untuk mengajak dan melibatkan peran serta masyarakat melalui forum RDS.

Apresiasi dan antusias dari peserta pelatihan ini sangat luar biasa, seperti yang disampaikan oleh salah satu peserta.

 "Luar biasa sekali, ini sangat positif dengan adanya pelatihan ini kita bisa menyamakan persepsi visi-misi dan juga tugas fungsi dari KPM berkolaborasi dengan bidan desa yang terwadahi dalam RDS," pungkas Agustina Budi Wahyuti, Bidan Desa Doko.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox