Stop Pernikahan Dini, DP2KBP3A Berikan Pembinaan Duta Genre

By Dinas Kominfo Kab. Kediri06 Des 2023, 15:48:57 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Stop Pernikahan Dini, DP2KBP3A Berikan Pembinaan Duta Genre

Duta Generasi Berencana (GENRE) dari masing-masing kecamatan dan desa se-Kabupaten Kediri, mendapatkan Pembinaan dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A). Kegiatan yang dilaksanakan sebagai upaya menekan angka pernikahan dini tersebut bertempat di gedung SKB Bulusari Tarokan, (6/12/2023).

Disampaikan oleh Kepala DP2KBP3A dr. Nurwulan Andadari, bahwa Pembentukan Duta Genre sangat penting bagi generasi muda kita agar terhindar dari masalah Pernikahan dini.

Andadari menjelaskan, sebelum terjun bertugas di lapangan, hari ini mereka kita kumpulkan dan diberikan bekal pembinaan agar nantinya dapat memberikan wawasan kepada teman-teman sebaya di lingkungan desanya.

Pada kesempatan ini, lanjutnya narasumber langsung kita hadirkan Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Mohammad Solikin dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sukadi, dengan harapan kita akan mencapai target penurunan angka pernikahan dini di Kabupaten Kediri.

Dengan diberikan pembekalan, dapat memotivasi yang lainnya sehingga program pendewasaan usia perkawinan dapat tercapai, serta menjadikan mereka generasi muda yang berencana.

"Pernikahan dini menjadi salah satu momok bagi kita, karena permasalahan akan timbul di kemudian harinya dan merupakan salah satu penyebab tingginya tingkat perceraian", jelas Anda.

Tercatat, dispensasi perkawinan untuk tahun 2022 mencapai 569, dengan kita memberikan pembinaan kepada Duta Genre ini target yang harus kita capai harus bisa dibawahnya.

"Dengan kegiatan ini, apalagi di tempat baru yang mereka kenal diharapkan akan memberikan wawasan baru dan menambah pengetahuan mereka yang akhirnya membuat pikiran berkembang sehingga mereka akan kuat menghadapi permasalahan sosial yang ada di masyarakat", terangnya

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Mohammad Solikin memberikan wawasan tentang pentingnya pendidikan untuk menggapai impian dan cita-cita di masa depan. Beliau mengajak para duta Genre untuk berdiskusi, menyampaikan permasalahan yang dihadapi di lingkungan sekolah maupun keluarga.

"Mereka adalah masa depan kita, kita semua pasti berharap generasi muda sekarang harus jauh lebih baik, karena merekalah yang akan menggantikan posisi kita saat ini," jelasnya.

Maka dari itu, mulai saat ini kita siapkan dan matangkan para generasi muda agar lebih berkualitas, memiliki perencanaan dalam segala hal.

Jika sudah tertata perencanaannya akan terbentuk kedewasaan, sehingga kuat dalam menghadapi segala tantangan yang akan dihadapi.

Kemudian dilanjutkan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sukadi, dihadapan para duta Genre dirinya memberikan motivasi agar para remaja bisa berpikir jauh kedepan, mengembangkan kemampuan agar mampu memiliki daya saing.

"Ingat, Kabupaten Kediri akan semakin maju seiring dengan akan diresmikannya Bandara dan stadiun bertaraf internasional yang pasti akan banyak investor masuk kesini," tuturnya.

"Jangan berhenti untuk terus berkreasi, berinovasi mengembangkan pontensi diri. Kalau ingin jadi orang sukses jangan pernah putus asa dengan kegagalan, coba terus hal-hal yang baru sampai apa yang kamu impikan tercapai," pesannya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox