Pengukuhan Pengurus Forum Anak Dukung Kabupaten Layak Anak

By Dinas Kominfo Kab. Kediri29 Feb 2024, 19:00:49 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Pengukuhan Pengurus Forum Anak Dukung Kabupaten Layak Anak

Demi memenuhi hak-hak anak atas tumbuh dan kembangnya di usia remaja, serta mengoptimalkan dukungan Pemerintah Kabupaten Kediri sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri, mengukuhkan Pengurus Baru Forum Anak Kabupaten Kediri terdiri dari 30 anak hasil dari pemilihan siswa siswi SMP/SMA pengurus Forum Anak Kabupaten Kediri, berkoordinasi dengan sekolah serta Dinas Pendidikan. Kemudian ditetapkan anak-anak pilihan untuk menjadi pengurus Forum Anak. Pengukuhan dilakukan oleh Sekda Kabupaten Kediri Dr. Mohamad Solikin, M.A.P., didampingi Kepala DP2KBP3A Nur Wulan Andadari di area persawahan Kecamatan Plemahan (29/2/2024).

Dalam sambutannya, Solikin memberikan arahan serta berpesan, "Kita ini memiliki bonus demografi yang amat besar, proporsi penduduk usia produktif mulai dari 15 tahun hingga 64 tahun, ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan usia nonproduktif yang berada di usia 65 tahun keatas dengan proporsi usia produktif lebih dari 60?ri total jumlah penduduk Indonesia." ucapnya.

Selain itu Sekda Kabupaten Kediri juga menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara maritim dengan kelautan dan perairannya, tetapi untuk saat ini banyak anak muda yang enggan menggeluti dunia pertanian maupun nelayan. Padahal pertanian Indonesia yang semakin hari semakin besar, hal ini memberikan dampak positif juga untuk negara. Tidak hanya untuk urusan dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Sektor pertanian Indonesia di mata dunia mendapatkan respon positif yang patut dibanggakan.

"Untuk saat ini pasti kalian tahu, kebanyakan petani Indonesia rata rata berada di usia 45 tahun keatas. Nah, ini sebagai langkah, bahwa kalian jangan hanya melihat sektor pertanian sebelah mata, tetapi sektor pertanian merupakan kunci pangan di Indonesia," imbuhnya.

Cukup unik dalam Pengukuhan Forum Anak tahun 2024 ini, karena bertempat di tengah persawahan dengan hiruk pikuk hijaunya persawahan dan petani.

"Lokasi ini dipilih agar ada kesederhanaan dari anak-anak ini hebat tetapi tidak harus glamor. Selain itu juga sebagai prioritas Mas Bup di bidang pertanian." jelas Nur Wulan Andadari.

Nantinya, Forum Anak Kabupaten Kediri akan didampingi oleh DP2KBP3A terutama untuk pembuatan program kerjanya. Diharapkan tahun depan, program kerja Forum Anak Kabupaten Kediri bisa semakin beragam.

Dilanjutkan dengan materi dari Dinas Pertanian sengan tema 'GENERASI MUDA IKUT SEBAGAI AGEN PERUBAHAN DAN PETANI MILENIAL'. Para siswa yang dikukuhkan cukup antusias dengan banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada pemateri maupun Sekda.

Seusai acara tim Kominfo mewawancarai Kepala DP2KBP3A Nur Wulan Andadari, menjelaskan "Ini merupakan wujud bahwa anak anak di Kabupaten Kediri diberi kesempatan untuk mengambil peran di pembangunan. Jadi mereka bukan jadi obyek pembangunan, tetapi juga ikut serta jadi subyek. Mereka perlu mengusulkan apa sih yang mereka butuhkan dalam pendidikan, dalam mereka mengembangkan dirinya. Bahwa ini ajangnya."

Dengan adanya Forum Anak ini, kedepan diharapkan bisa mendukung langkah Kabupaten Kediri untuk menjadi Kabupaten Layak Anak. Dan menghilangkan bullying yang marak di Indonesia. Serta jajaran pengurus Forum Anak sendiri siap menjalankan program-program kerja untuk menyukseskan hal tersebut.<!--/data/user/0/com.samsung.android.app.notes/files/clipdata/clipdata_bodytext_240305_091311_412.sdocx-->




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox