Memperingati Tahun Baru Islam 1445 H, Pemerintah Desa Sukorejo Gelar Kirab Budaya Ke-3

By Dinas Kominfo Kab. Kediri30 Jul 2023, 16:12:04 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Memperingati Tahun Baru Islam 1445 H, Pemerintah Desa Sukorejo Gelar Kirab Budaya Ke-3

Pemerintah Desa Sukorejo gelar Kirab Budaya ke-3, dari balai desa menuju Situs Calon Arang (30/07/2023). Sesuai dengan ikon Kabupaten Kediri dengan tagline slogan Kediri Berbudaya memberikan semangat dalam nguri-uri budaya sekaligus ungkapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Adat jawa yang melekat dengan suroan menjadikan puluhan warga Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, berpartisipasi mengikuti ritual kirab tumpeng hasil bumi dari wilayahnya.

Sebelum kirab dimulai untuk memberikan gambaran cerita Calon Arang yang merupakan cikal bakal dan leluhur desa, Pemerintah Desa Sukorejo, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri mengawali kegiatan dengan pementasan cerita Calon Arang Pementasan dilakukan di balai desa yang diperankan oleh pemuda-pemudi karang taruna.

Turut hadir juga tamu undangan dari Dinas Pariwisata, Bakesbangpol, Forkopimcam, Tiga Pilar, serta DK4.

"Ritual kirab ini merupakan bentuk nguri-uri budaya, pemdes menggelar ritual kirab tumpeng hasil bumi turut serta pusaka yang ada di desa ini," kata Supandi, Kepala Desa Sukorejo.

Ungkapan syukur atas panen hasil bumi dijadikan bentuk lima buah gunungan, nasi lengkap dengan lauk pauknya, dan buah sayur hasil pertanian. Selain itu semacam keris berbentuk tombak juga nampak dipikul ditengah-tengah kirab.

Tepat berada di kawasan situs Calon Arang warga yang sudah menunggu dan berkumpul spontan saling berebut empat gunungan yang berisi hasil bumi. Masyarakat setempat meyakini akan mendapatkan berkah jika berhasil memperoleh gunungan hasil bumi yang ada di tumpeng tersebut.

Lokasi situs Calon Arang melewati lahan pertanian yang hanya bisa di tempuh dengan jalan kaki yang mana jalan menuju situs hanya bisa dilewati satu orang, oleh karena itu pemangku adat serta peserta kirab berjalan satu barisan beriringan menuju lokasi.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox