Mbak Cicha Harapkan Para Lansia Semakin Sehat dan Ceria

By Dinas Kominfo Kab. Kediri22 Agu 2023, 16:32:54 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Mbak Cicha Harapkan Para Lansia Semakin Sehat dan Ceria

Pendopo Panjalu Jayati pagi ini nampak begitu ramai, kedatangan para peserta lomba yang bertajuk "Festival Lansia" dalam rangka Gempita Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Dinas Sosial dengan TP PKK Kabupaten Kediri (22/8/2023).

Namanya saja festival lansia yang ikut lomba adalah perwakilan lansia dari desa-desa se-Kabupaten Kediri. Sebanyak 200 lansia mengikuti 4 kategori lomba, yaitu lomba lansia cantik, vocal group, joget beregu dan tartil Al-Qur'an. Walaupun usia sudah tidak lagi muda namun, mereka datang dengan mengusung semangat perjuangan.

Dyah Saktiana Kepala Dinas Sosial sekaligus sebagai ketua panitia menjelaskan bahwa, tema Festival Lansia kali ini ialah "Lansia Terawat Indonesia Bermartabat".

"Hal ini memiliki arti bahwa lansia diberikan ruang untuk menggali potensi, mengekpresikan diri sehingga mereka dapat bersemangat dan sehat," jelas perempuan yang akrab disapa Nana.

"Ruang tersebut diharapkan bisa memberikan keceriaan kepada para lansia, karena rasa senang bisa membuat sehat. Karena para lansia ini memerlukan ruang untuk mengaktualisasikan diri, gegap gempita yang biasanya diisi oleh para kawula hari ini kita buat berbeda," jelas Nana.

Lanjut Nana, Acara Festival ini bisa dikatakan sebagai salah satu upaya untuk memberikan kesadaran kepada sekitar bahwa para lansia perlu diperhatikan, baik kesehatan mental maupun fisik. Berkat inisiasi ketua TP PKK Eriani Annisa Hanindhito diharapkan para lansia di Kabupaten Kediri bisa lebih bahagia.

"Dalam acara lomba-lomba, selalu pesertanya anak remaja, para lansia kurang diperhatikan dan diwadahi, berita baiknya Mbak Cicha mendukung untuk memfasilitasi kegiatan ini," jelas Nana.

Dalam puncak Festival Lansia hari Jum'at 25 Agustus 2023, akan diadakan Senam Lansia Bersama, yang akan diselenggarakan di Taman Hijau Simpang Lima Gumul.

Acara festival lansia dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito, dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara festival lansia ini diadakan sebagai bentuk kepedulian terhadap para lansia.

"Meningkatnya harapan hidup para lansia merupakan tujuan dan harapan dari festival ini", terangnya.

"Semoga para lansia semakin ceria dan senang", pungkas Mbak Cicha.

Terakhir, semoga dengan kegiatan ini para eyang kakung dan putri meningkatkan usia harapan hidupnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox