Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kabupaten Kediri

By Dinas Kominfo Kab. Kediri03 Okt 2023, 17:45:47 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya Tiba di Kabupaten Kediri

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya dalam rangka Hari Jadi ke-78 Jawa Timur. Kirab Pataka yang dilaksanakan di 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur digelar sejak tanggal  24 September 2023. Tepat tanggal 3 Oktober 2023, Kirab Pataka telah sampai di Kabupaten Kediri. Serangkaian prosesi upacara dilaksakana untuk penerimaan secara estafet dari Kota Kediri ke Kabupaten Kediri. 

Prosesi upacara penerimaan diselenggarakan di halaman Pemkab Kediri. Dipimpin langsung oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Kediri Mohammad Solikin sebagai inspektur upacara dan diikuti oleh peserta dari satpol PP, Linmas, Damkar, ASN, pegawai Non-ASN dan perwakilan Pramuka SMP se-Kabupaten Kediri.

Pada kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Mohamad Soliki membacakan "Ripta Prasasti" yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

 "Ripta Prasasti" merupakan sebuah pesan yang isinya Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI adalah Harga Mati yang harus dijaga dan dilindungi dengan segenap jiwa dan raga.

Sinergitas, Kolaborasi dan Kerjasama adalah kunci Keberhasilan Pembangunan Menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat.

Optimis Jatim Bangkit, Majulah Jawa Timur, Majulah Indonesia...Dirgahayu Provinsi Jawa Timur.

Ditemui usia upacara, Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Mohamad Solikin mengatakan, Kirab bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya menjadi rangkaian peringatan ke-78 Hari Jadi Provinsi Jawa Timur tahun 2023, dengan estafet berurutan ke-38 seluruh kabupaten/kota se-Jatim.

"Kegiatan ini, sekaligus menjadi momentum untuk semangat bangkit bersama dalam membangun Jawa Timur menuju kesempurnaan." ungkap Solikin.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Agoeng Noegroho menjelaskan usai dilaksanakan prosesi di halaman Pemkab Kediri, estafet Bendera Pataka Jer Basuki Mawa Beya dikirab menuju Kabupaten Nganjuk dan akan dilaksanakan prosesi upacara penerimaan disana.

"Di sepanjang perjalanan menuju Kabupaten Nganjuk, Kirab Pataka juga disambut oleh para pelajar SD, SMP dengan membawa Bendera merah putih, yang menambah meriah suasana", terangnya.

Lanjut Agoeng, dalam mensukseskan kegiatan ini, kita melibatkan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Se Kabupaten Kediri. Sedangkan yang bertugas estafet menuju Kabupaten Nganjuk adalah dari Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Damkar, Satuan Linmas, BPBD, Dinas Perhubungan dll.

Sebagai informasi, kirab ini dijadwalkan selesai pada tanggal 11 Oktober 2023 di Pemkot kota Surabaya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox