Dinsos Kabupaten Kediri Gelar Bimtek SIKS-NG kepada Tenaga IT Desa

By Dinas Kominfo Kab. Kediri24 Feb 2021, 16:00:40 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Dinsos Kabupaten Kediri Gelar Bimtek SIKS-NG kepada Tenaga IT Desa

Dalam rangka pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Sosial kembali menyelenggarakan Bimbingan Teknis Operator Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generation atau SIKS-NG. Kegiatan ini diikuti oleh para Tenaga IT Desa di Kabupaten Kediri.

Bimtek SIKS-NG hari ini berlangsung di Gedung Aula Dinsos Kabupaten Kediri Jalan Mayor Bismo, Kota Kediri. Yang berbeda dari bimtek tahun sebelumnya, kegiatan kali ini dihadiri oleh anggota DPRD dari Fraksi PDI PerjuanganH. Sulkani, sebagai salah satu narasumber.

Pelaksana Tugas Kepala Dinsos Kabupaten Kediri Drs. Suharsono melalui Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Ariyanto mengatakan, dalam kegiatan bimtek ini pihaknya menghadirkan tiga narasumber. Pertama dari Anggota DPRD, kedua dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta pihak Dinsos sendiri.

"Anggota DPRD hari ini sebagai salah satu narasumber dan memberikan materi terkait DTKS baik secara makro maupun mikro," kata Ariyanto usai membuka kegiatan, Rabu (24/2/2021).

Masih kata Ari, panggilan akrabnya, pihaknya sengaja menghadirkan Dispendukcapil terkait dengan pemadanan atau pencocokan data NIK. Karena data NIK dalam DTKS tersebut belum sepenuhnya sempurna.

Diakuinya, dalam DKTS masih banyak ditemukan data kemiskinan yang tidak valid. Diantaranya karena perubahan data orang meninggal dunia maupun mutasi pindah tempat.

"Dengan adanya Bimtek ini ada menu baru dalam aplikasi yang lebih memudahkan bagi petugas IT Desa dalam pemutakhiran data," tegasnya.

Bimtek SIKS -NG ini rencananya akan diselenggarakan hingga 6 Maret 2020 mendatang. Mengingat kegiatan berlangsung di tengah pandemi Covid-19, maka Dinsos melakukan pembatasan jumlah peserta untuk memgatuhi protokol kesehatan. (Kominfo/ng,tee,tj,wk)                     




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox