Penyaluran Bantuan Subsidi Bibit Tebu

By Dinas Kominfo Kab. Kediri15 Okt 2021, 15:00:27 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Penyaluran Bantuan Subsidi Bibit Tebu

PT Perkebunan Nusantara sepuluh menyalurkan bantuan subsidi bibit tebu bagi petani di Kabupaten Kediri. Dalam penyaluran ini dihadiri oleh Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana dengan didampingi Kepala Dinas Pertanian Dan Perkebunan.

Guna mewujudkan swasembada gula konsumsi  di tahun 2024, salah satu langkah yang harus ditempuh adalah dengan meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan produtifitas dan  untuk mencapai hal tersebut. Kuncinya adalah bagaimana menghadirkan bibit serta memfasilitasi ketersediaan pupuk dalam jumlah dan waktu yang tepat.

Atas hal tersebut, PTPN Tahun 2021 memberikan bantuan  bibit untuk lahan seluas 1600 hektar dan untuk tahun 2022 dengan lahan 4000 hektar. Sementara khusus untuk Kabupaten Kediri, bantuan bibit tersebut diperuntukkan bagi 273 petani.

Mahmudi, selaku Direktur Holding mengatakan, pemberian bibit ini bertujuan untuk mewujudkan swasembada gula konsumsi di tahun 2024. Salah satu langkah yang harus ditempuh adalah dengan meningkatkan kesejahteraan petani dan meningkatkan produtifitas.

“Untuk mencapai hal tersebut, kuncinya adalah bagaimana menghadirkan bibit serta bagaimana bisa memfasilitasi ketersediaan pupuk dalam jumlah dan waktu yang tepat,” kata Mahmudi.

Sementara itu, Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana yang hadir dalam penyaluran bantuan tersebut mengatakan dengan  adanya bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat di masa pandemi ini.

“Bahkan PTPN juga menginventarisir kebutuhan pupuk bagi petani tebu, sehingga petani tebu tidak akan mengalami kelangkaan pupuk. Pasalnya di Kabupaten Kediri, Kelangkaan pupuk sendiri masih menjadi momok bagi petani,” kata Mas Bup.

Untuk diketahui, guna memastikan kebutuhan pupuk bagi petani tebu, Kementerian BUMN memiliki Program Makmur  yakni program untuk mensupport ketersediaan pupuk yang akan dikolaborasikan dengan Pupuk Indonesia dan Perbankan.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus