Bringin, Sentra Madu Kab. Kediri

By Dinas Kominfo Kab. Kediri29 Jul 2020, 17:00:47 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Bringin, Sentra Madu Kab. Kediri

Siapa yang tak kenal madu. Produk alami dari lebah ini mempunyai banyak manfaat dan khasiat. Tidak hanya dijadikan campuran olahan makanan, madu juga kerap digunakan dalam dunia kecantikan.

Salah satu penghasil madu di Kabupaten Kediri adalah Dusun Purworejo Desa Bringin Kecamatan Badas. Sedikitnya terdapat 45 peternak madu disini yang mampu memproduksi ratusan ton madu per tahun. Pada tahun 2018 silam, digelar Kampung Madu Festival sebagai upaya mengangkat potensi Dusun Purworejo, Desa Bringin sebagai kampung madu.

Zaenal Abidin, Kasun Purworejo mengatakan, kampung madu ini sudah lama ada. Pendampingan dan pembinaan terus dilakukan agar madu yang dihasilkan benar-benar asli, bukan abal-abal.

“Desa Badas menghasilkan madu yang dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini karena bekerja sama dengan asosiasi madu se-Indonesia yang ikut mengingatkan dan mengedukasi bagaimana menghasilkan madu yang berkualitas unggul,” ungkapnya.

Saat sedang musim bunga, peternak madu menggembalakan lebahnya ke daerah yang sedang berbunga tersebut. Bisa ke bunga randu, kaliandra atau rambutan.

“Kadang kami bawa ke Pati, Pasuruan dan Probolinggo. Biasanya di bulan 4-5,” kata Ratno, salah satu peternak madu.

Selain didatangi masyarakat atau pelanggan, pemasaran madu dari Dusun Bringin ini juga melalui pameran yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Kediri, seperti Pameran UMKM peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri, Pekan Budaya dan Pariwisata maupun Festival Kelud. Pemasaran melalui media online juga dilakukan agar madu Bringin semakin dikenal masyarakat luas.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus