Penyandang Disabilitas Sukses Jadi Pengusaha Mebel dan Jasa Ukir

By Dinas Kominfo Kab. Kediri30 Sep 2020, 16:07:06 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Penyandang Disabilitas Sukses Jadi Pengusaha Mebel dan Jasa Ukir

Berawal dari kecintaannya terhadap dunia ukir, seorang penyandang disabilitas di Kabupaten Kediri sukses mendirikan usaha mebel dan jasa ukir. Selain mendatangkan keuntungan pribadi, berkat usahanya itu ia mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi tetangga sekitar.

Setiap pagi, Mohammad Sugianto, seorang penyandang disabilitas di Kecamatan Papar Kabupaten Kediri ini sibuk mempersiapkan produksi usaha mebelnya. Meski memiliki keterbatasan fisik namun tidak menjadi penghalang bagi pria 40 tahun itu untuk tetap produktif. Banyaknya penolakan kerja yang diterimanya membuat bapak 1 anak ini memutuskan untuk belajar seni ukir, pada tahun 2010 lalu. Setelah 2 tahun belajar, ia kemudian memutuskan untuk memulai membuka usaha jasa ukir dan pahat.

Ketelatenan dan ketelitian yang dimilikinya membuat usaha jasa ukir Sugianto semakin dikenal orang. Kini setelah 10 tahun berjalan ia mampu mendirikan mebel dan bisa memberdayakan 4 orang tetangganya. Selain pintu dan meja, usaha mebelnya juga memproduksi hiasan dinding dan fentilasi. Harga jual produknya juga bervariasi mulai dari 2 juta hingga 8 juta rupiah tergantung ukuran dan kerumitan ukiran.

Kini berkat ketekunannya, hasil produk Sugianto sudah terjual hampir ke seluruh Indonesia. Ia juga mampu mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah setiap bulan. Tidak hanya itu, bapak 1 anak ini juga bisa memberikan penghasilan bagi 4 orang tetangganya. Sugianto berharap agar para penyandang disabilitas di luar sana tetap bisa berkarya dan mandiri seperti dirinya. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox