Memanfaatkan Produk Pertanian Lokal, Hasilkan Minuman Untuk Ekspor

By Dinas Kominfo Kab. Kediri19 Okt 2020, 17:00:43 WIB UMKM, Koperasi dan Perdagangan
Memanfaatkan Produk Pertanian Lokal, Hasilkan Minuman Untuk Ekspor

Memanfaatkan hasil kearifan lokal dari produk pertanian dan perkebunan, Rinawati, seorang ibu rumah tangga asal Desa Titik, Kecamatan Semen Kabupaten Kediri dapat menghasilkan sejumlah minuman herbal. Ia memulai usaha membuat minuman dengan bahan baku  rempah – rempah berupa rimpang, buah lemon, dan bunga rosela ini sekitar satu tahun yang lalu.

"Awalnya ide pembuatan ini dari sosialisasi Pemerintah dengan konsep "back to nature"yang kemudian kami diarahkan untuk membuat bahan rempah. Tujuannya untuk hidup lebih sehat lagi tanpa ada bahan kimia,” tutur Rina.

Sebelum memasarkan di wilayah lain, Rina mencoba untuk memasarkannyakepada warga sekitar terlebih dahulu.Hasilnya,masyarakat merespon cukup baik dengan olahan minuman yang telah dibuatnya.

“Ternyata peminatnya banyakhingga akhirnya saya waktu itu mengirim sampai luar kotaDari situ kami buka usaha yang dikomersilkan,” ujarnya.

Untuk produk yang digunakan dalam minuman ini murni mengambil bahan baku rempah dari Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. Seperti bunga rosela, lemon lokal asli Kediri, serta empon-empon mulai kunyit, temulawak dan jahe. Semuanya sangat murah dan mudah didapat di Kecamatan Semen.

Saat ini, penjualan produk minuman tradisional ini sementara masih dipasarkan di Blitar, Tulungangung dan Surabaya. Bahkan kedepan rencana akan dipasarkan ke Jakarta serta diikutkan dalam sebuah acara pameran di Eropa.

Harga produk minuman tradsional ini juga relatif murahberkisar 2500 – 6000 rupiah yang tediri dari 3 jenis produk minuman. Lemon drink Rp 2.500 di reseler harga ecerannya Rp 3.500Rosela Rp 3.500 untuk reseller dijual tertinggi Rp 4.500 dan minuman empon-empon Rp 4.000 dari reseler dijualnya sampai Rp 6.000. Melalui pembuatan produk minuman tradisional ini Rinawati mengaku bisa mendapatkan omset hingga Rp 27 juta dalam satu bulan. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox