Asap Cair, Pengusir Hama Bebas Bahan Kimia

By Dinas Kominfo Kab. Kediri15 Okt 2020, 18:00:23 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Asap Cair, Pengusir Hama Bebas Bahan Kimia

Hari ini Kamis, 15 Oktober 2020Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri melaksanakan kegiatan penyuluhan bagi Kelompok Tani Sumber Pangan Desa Wanengpaten Kecamatan Gampengrejo.

Pada penyuluhan kali ini, salah satu PPL memberikan penyuluhan tentang penggunaan 'Asap Cair' bagi tanaman. Teknologi asap air ini manfaatnya sangat bagus untuk pertanian karena tidak mengandung bahan kimia.

Purba Admaja salah satu PPL yang memberikan penyuluhan menjelaskan, pada prinsipnya asap cair ini adalah pestisida organik yang sangat ramah lingkungan. Bukan membunuh hama tapi mengendalikan atau mengusir hama tanaman seperti tikus, ulat, klaper dan lain-lain.

Harganya pun cukup terjangkausetiap botol isi setengah liter harganya hanya 15 ribu rupiah. Sangat murah dibandingkan dengan pestisida kimia buatan pabrik.

Untuk tanaman jagungpenyemprotannya adalah pada sekitar lahan. Dan saat menanam disemprotkan agar tikus merasa tak nyaman berada di lahan tersebut dan akhirnya pergi. Untuk tanaman padi juga bisa dilakukan dan dijamin residu kimianya sangat rendah, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” katanya.

Sementara itu M. Bushoiri, SP. selaku koordinator PPL Kecamatan Gampengrejo mengatakanpada pertemuan dengan petani kali ini disosialisasikan pentingnya penggunaan asap cair bagi pertanian.

Menurutnya hal ini sudah dibuktikan dengan penyemprotan di lahan bawang merah kelompok tani desa tetangga yaitu milik Imam Masruri, yang juga pembuat asap cair. Hasilnya cukup memuaskan. Memasuki usia 29 haridaun bawang merah bebas dari ulat yang selama ini menjadi momok bagi petani.

Semoga asap cair ini bisa membantu petani meningkatkan produksi pertaniannya. Selain bebas dari hamahasil tanamannya juga bebas dari bahan kimia yang membahayakan kesehatan,” pungkasnya. (Kominfo/lks,dn,tee,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox