DKPP Bangun RPH Modern Dengan Kapasitas 30 Ekor Per Hari

By Dinas Kominfo Kab. Kediri08 Jul 2020, 14:05:38 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
DKPP Bangun RPH Modern Dengan Kapasitas 30 Ekor Per Hari

Guna meningkatkan hasil produksi daging, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri membangun rumah potong hewan yang bertempat di Desa Pelem Kecamatan Pare. RPH Pare yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektar tersebut dilengkapi sejumlah fasilitas yang sesuai standar kesehatan masyarakat veteriner (Kesmavet). Saat ini pembangunan RPH tersebut telah mencapai 70 persen dan ditargetkan akan selesai akhir tahun 2020.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan, drh. Tutik Purwaningsih mengatakan, RPH Pare memiliki sejumlah fasilitas, mulai dari kantor utama, kantor administrasi, ruang pemotongan hewan yang dilengkapi alat restrain box, rel gantung karkas dan ruang uji laboratorium.

Selain itu juga terdapat ruang pelayuan karkas atau daging, cool storage, ruang pemeriksaan post mortum, pemeriksaan ante mortum, ruang pemotongan hewan darurat, kandang penampungan ternak sementara, rumah rumen, ipal, tempat penurunan sapi, mushola serta mess dokter dan pos jaga.

“Bangunan RPH ini sudah terstandar sesuai UU Kesmavet, yaitu ada bangunan utama dan fasilitas-fasilitas pendukung. RPH ini diharapkan menjadi pilot project RPH modern, dimana hampir 100% menggunakan mekanisasi. Dengan kelebihan tersebut diharapkan semua produk yang dikeluarkan dari RPH ini menganut standar aman, sehat, utuh dan halal,” jelasnya (8/7/20).

drh. Tutik menambahkan, dengan sistem mekanis tersebut higienitas mulai dari proses hingga hasil produknya juga akan lebih bagus. Selain itu dapat melayani pemotongan sebanyak 9 ekor untuk sekali potong dan 30 ekor untuk satu hari. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox