Akselerasi Populasi Sapi, Pemkab Kediri Inisiasi Desa Korporasi Sapi.

By Dinas Kominfo Kab. Kediri28 Des 2021, 18:19:01 WIB Pertanian, Perkebunan, Perikanan, dan Peternakan
Akselerasi Populasi Sapi, Pemkab Kediri Inisiasi Desa Korporasi Sapi.

Mabes TNI, PPHNAK Ditjen PKH Kementan RI dan Dinas Ketahanan Pangan Peternakan Kabupaten Kediri melaksanakan pembinaan dan pendampingan kelompok penerima manfaat program dan kegiatan pengembangan Desa Korporasi Sapi Kabupaten Kediri di Balai Desa Tales, Kecamatan Ngadiluwih, Selasa (28/12). Letkol Czi Adang Pumama, Kermater Sterad Mabes TNI, menyampaikan kunjungan kerja ini adalah tindak lanjut kerjasama antara Panglima TNI dengan Kementrian Pertanian dalam program pengembangan desa korporasi sapi. Dimana program ini ada di 9 lokasi salah satunya Aceh, Boyolali, Kediri, Malang dan kota lainnya. 

“Pada kegiatan hari ini kami mengecek sampai dimana sinergi antara TNI, pemerintah daerah dan instansi terkait telah berjalan. Temuan kendala Tentunya kendala di lapangan akan muncul namun pendampingan ini akan bermanfaat karena menjadi wahana tukar informasi dan solusi dalam penanganan desa korporasi sapi,” jelas Adang.


Camat Ngadiluwih, Harminto, mengatakan arah kebijakan pembangunan peternakan antara lain berupa akselerasi peningkatan populasi sapi dan produksi daging sapi untuk kecukupan protein hewani serta peningkatan kesejahteraan peternak. 

“Juga untuk menumbuhkan kelembagaan ekonomi petani. Sehingga perlu dilakukan upaya pengembangan ternak sapi dalam wadah desa korporasi sapi. Tujuan utamanya terakselerasi populasi sapi,” jelas Harminto.

Ditambahkan oleh Harminto, penerima manfaat di Kecamatan Ngadiluwih terdiri dari lima kelompok tani yang tersebar di empat desa. Dimana dari jumlah tersebut telah terbentuk dewan pendiri koperasi.

“Dewan pendiri koperasi ini bertujuan menguatkan kelembagaan dan menjalankan unit menajemen kawasan korporasi sapi untuk kegiatan mendatang dari hulu sampai hilir,” tambah Harminto.

Sebagai informasi saat ini proses yang sedang berjalan untuk pengadaan ternak dan sarana pendukung desa korporasi sapi adalah sapi jantan bakalan sebanyak 302 ekor, sapi dara pembibitan sebanyak 105 ekor, pembangunan 5 lokasi kandang sapi, obat serta vaksin sapi, konsentrat penggemukan sebesar 30 ton, 26 ton konsentrat pembibitan, 5 unit instalasi bio gas dan 5 unit timbangan digital ternak.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox