Rangkul ODGJ, Kabupaten Kediri Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia

By Dinas Kominfo Kab. Kediri10 Okt 2023, 15:00:20 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Rangkul ODGJ, Kabupaten Kediri Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia

Tepat di Hari Kesehatan Mental Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2023, Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri menggelar kegiatan Jambore Kesehatan Jiwa ke-3 dengan tema 'Sehat Jiwa Bagi Semua Orang' di Taman Hijau SLG, Kabupaten Kediri.

Kegiatan merupakan wujud untuk meningkatkan kesadaran dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan mental, mengurangi stigma negatif terhadap orang dengan masalah kesehatan mental, serta mempromosikan perawatan dan pengobatan yang tepat.

Kegiatan ini dihadiri oleh perwakilan puskesmas dari setiap kecamatan di Kabupaten Kediri dan mengikutsertakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

Masyarakat tidak perlu takut, gangguan jiwa bisa disembuhkan. Untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan kerjasama dari individu, lingkungan di sekitar individu (terutama keluarga), tenaga psikolog, dan tenaga psikiater.

Dalam sambutannya, Sujud Winarko sebagai Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Kediri menyampaikan, "Kita bisa menyembuhkan ODGJ dengan kerjasama seluruh stakeholder dan dirawat secara intensif terus menerus, berkelanjutan. Baik pada rumah sakit maupun pasca dari rumah sakit, ini perlu penanganan serius, sehingga bisa kembali ke masyarakat dengan hidup normal. Kita bersama-sama tanpa dikucilkan."

Para peserta yang hadir juga menampilkan keterampilan masing-masing mulai dari menyanyi, membaca Al-Quran, serta hasil karya UMKM dari para peserta. Keterampilan ini dihasilkan sebagai wadah untuk para ODGJ mendapatkan pemulihan yang tepat. Adanya kegiatan ini juga melatih fokus ODGJ mengisi hari-hari.

Acara ini juga sebagai terapi pendekatan dengan kegembiraan, seperti lomba-lomba antar ODGJ untuk merebutkan hadiah menarik.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox