Pemkab Kediri Gelar Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78

By Dinas Kominfo Kab. Kediri12 Okt 2023, 12:23:58 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Pemkab Kediri Gelar Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke-78

Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Provinsi Jawa Timur di lapangan belakang kantor Pemkab Kediri (12/10/2023).

Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa, hadir pula Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kediri Mohamad Solikin, Ketua DPRD Kabupaten Kediri Dodi Purwanto, jajaran Forkopimda, dan peserta dari Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Non ASN lingkup Pemkab Kediri.

Dalam amanatnya, Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa membacakan amanat dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dalam sambutan Gubernur  mengungkapkan pentingnya membangun sumber daya manusia (SDM) Jawa Timur yang tangguh dan unggul.

“Seperti diutarakan oleh Presiden RI Joko Widodo, Indonesia ke depan menghadapi berbagai tantangan dan bahkan krisis, yakni krisis kebutuhan energi, kedaulatan pangan, kebutuhan pendanaan, tantangan digital, serta dorongan masif dalam riset dan teknologi,” ucap Wabup.

Pada zaman yang tengah berubah, kita membutuhkan SDM dan aktor-aktor yang mampu merubah permainan. 

"Untuk mewujudkan SDM tersebut, diperlukan kepedulian dan perjuangan kolektif dari seluruh warga dan pemangku kepentingan yang ada di Jawa Timur dalam memupuk dan membina sejak dini,” lanjut Wabup.

Capaian prestasi pada tahun 2023 Jatim sangat luar biasa. Pemutakhiran data Indeks Desa Membangun (IDM) 2023 Jatim dinobatkan sebagai provinsi dengan jumlah desa mandiri terbanyak se-Indonesia.

"Dengan jumlah sebanyak 2.800 desa dengan status mandiri dan 3.674 dengan status desa maju serta 1.247 dengan status berkembang. Dengan demikian jatim menjadi penyumbang desa mandiri terbanyak. Dari total 11.456 desa seluruh desa mandiri di Indonesia  24.44% atau 2.800 desa mandiri ada di Jatim. Dari data tersebut terbukti pembangunan di wilayah Jatim itu berhasil," pungkas Wabup.

Sementara itu di wilayah Kabupaten Kediri juga turut berhasil meningkatkan perekonomian masyarakat. Kabupaten Kediri terbukti dapat menuurunkan jumlah angka kemiskinan ekstrim dan stunting.

"Dengan harapan kita pada momentum semangat hari jadi ke-78 Provinsi Jatim ini, kita bergerak bareng bersinergi antara kabupaten dengan provinsi untuk sama-sama membangun Kabupaten Kediri dan Jawa Timur lebih bahagia dan sejahtera," harapnya.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox