Pemkab Kediri akan Luncurkan Mobil PCR

By Dinas Kominfo Kab. Kediri08 Jul 2021, 15:00:28 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Pemkab Kediri akan Luncurkan Mobil PCR

Pemerintah Kabupaten Kediri bergerak cepat dalam penanganan Covid-19 yang masih tinggi. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan melakukan 3 T yakni Testing, Tracing dan Treatment. Sebagai pendukung upaya 3T tersebut, Pemkab Kediri melalui RSUD Simpang Lima Gumul akan mengoperasikan mobil PCR atau layanan tes usap PCR keliling yang akan menjangkau sejumlah daerah di Kabupaten Kediri (8/7/2021).

“Saat ini sedang tahap optimasi dengan pengambilan sample dari pasien covid dan hasil dari mobil PCR tersebut nanti dibandingkan dengan PCR yang sudah ada, agar hasilnya benar-benar valid” ujar Dokter Gilang Kusdinar, Penanggung Jawab Laboratorium Patologi Klinik RSUD SLG.

Dokter Gilang juga menambahkan, 2 mesin PCR yang dijalankan oleh 5 operator ini dapat digunakan untuk 30 sample dengan durasi 2 hingga 3 jam dan saat ini kesiapan mobil PCR tersebut sudah hampir 100 persen.

Untuk diketahui, dalam rapat evaluasi Satgas Covid-19 secara daring, disebutkan, inovasi layanan tracing covid-19 ini ditargetkan minggu ini sudah beroperasi. Nantinya mobil ini akan berkeliling ke daerah - daerah yang berpotensi terjadinya penyebaran covid-19. Diharapkan, tracing dapat dilakukan dengan cepat dan jika berhasil dengan baik, maka mobil akan ditambah kembali. (Kominfo)
 




Tinggalkan komentar Anda via Disqus

Tinggalkan komentar Anda