Pemantauan Posyandu Langsung Guna Menekan Angka Stunting

By Dinas Kominfo Kab. Kediri18 Jun 2023, 15:54:19 WIB Stunting
Pemantauan Posyandu Langsung Guna Menekan Angka Stunting

Kabupaten Kediri menggelar pemantauan posyandu dalam menekan angka stunting dengan target one digit. Senin, 18 Juni 2023 Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri, melakukan pemantauan langsung posyandu yang ada di Balai Desa Doko Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

Angka stunting menjadi point penting dalam penanganan nasional, para ibu yang memiliki anak balita diminta untuk lebih rutin membawa anaknya ke posyandu. Dengan makin rutin ke posyandu, anak dengan resiko stunting bisa terdeteksi dan diantisipasi sejak dini.

Berdasarkan catatan yang ada, angka stunting di Kabupaten Kediri pada bulan Februari 2023 berada di angka 9.2%. Artinya, dibandingkan tahun lalu, angka sudah menurun, yang sebelumnya pada tahun 2021-2022 sudah mengalami penurunan dari 13,55% menjadi 10,23%. Harapannya, tahun depan terus menurun.
 
Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kediri Nurwulan Andadari mengatakan, "Angka stunting di wilayah Doko terdapat 36 kasus. Latar belakang didominasi 50% karena pola asuh dan 30% karena ekonomi." Tuturnya saat diwawancara pada akhir acara.


 
Sementara itu, Mas Bup sapaan akrab Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana berpesan, angka stunting di Kabupaten Kediri harus terus menurun. Ditargetkan angka stunting di Kabupaten Kediri untuk tahun depan menjadi One Digit Stunting. Selain itu, pemberian makanan tambahan juga harus digencarkan untuk balita.

Dari pagi hingga siang posyandu dipenuhi ibu dan balita yang sangat antusias terhadap tumbuh kembang anak, selain itu para balita juga mendapatkan imunisasi dan bingkisan tambahan gizi




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox