Seni Budaya Bersuka Ria sebagai Peringatan Bulan Bung Karno

By Dinas Kominfo Kab. Kediri15 Jun 2023, 23:56:23 WIB Keluarga, Tokoh dan Agama
Seni Budaya Bersuka Ria sebagai Peringatan Bulan Bung Karno

Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Seni Budaya Bersuka Ria sebagai bentuk Peringatan Bulan Bung Karno, pada bulan inilah momen penting proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. Kelahiran Pancasila sendiri yang jatuh pada tanggal 1 Juni, lalu kelahiran Bung Karno juga pada 6 Juni 1901, hingga wafat di bulan Juni tepatnya 21 Juni 1970.

Acara yang digelar di Area Kawasan Simpang Lima Gumul ini berkonsep budaya, menampilan berbagai pertunjukan seni, mulai dari tari, puisi, dan grub band remaja. Hari pertama, 15 Juni 2023, peserta mulai dari siswa-siswi SD hingga SMP se-Kabupaten Kediri.

Peringatan Bulan Bung Karno di Kabupaten Kediri dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 15 hingga 16 Juni 2023.

"Sengaja Kabupaten Kediri rutin adanya pagelaran untuk Bulan Bung Karno, karena bulan lahir Pancasila, lahir, dan wafatnya Bung Karno juga pada bulan Juni.", ucap Sugeng dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri.

Pada dasarnya revitalisasi jiwa patriotik dapat diwujudkan dengan penguatan wawasan kebangsaan. Revitalisasi nilai-nilai Pancasila ditekankan untuk generasi muda yang nantinya akan menjadi pemimpin bangsa.

Sebelum memasuki peringatan Bulan Bung Karno, siswa-siswi di Kabupaten Kediri membuat surat yang ditujukan kepada Bung Karno, isi surat pun beragam, sebagai bentuk ungkapan dari siswa-siswi SD hingga SMP itu sendiri.

"Bung Karno sendiri bukan hanya pejuang kemerdekaan, tetapi juga pejuang pendidikan. Ini yang melatarbelakangi bahwa kegiatan para generasi meneladani perjuangan bungkarno, semangat Bung Karno. Pada saat itu Bung Karno yang mendunia. ", imbuh Sugeng.

Kerinduan masyarakat akan pertunjukan hiburan, membuat perhelatan ini dipadati penonton. Perhelatan ini juga memberikan ruang kepada UMKM untuk ikut serta, berada di stand acara sebagai bagian dalam upaya pemulihan ekonomi di Kabupaten Kediri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox