Membuka Akses Bagi Calon Pencari Kerja, Pemerintah Kabupaten Kediri Gelar Kegiatan Job Fair 2023

By Dinas Kominfo Kab. Kediri14 Jun 2023, 16:45:42 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Membuka Akses Bagi Calon Pencari Kerja, Pemerintah Kabupaten Kediri Gelar Kegiatan Job Fair 2023

Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Ketenagakerjaan membuka pintu masuk bagi calon pencari kerja dengan menggelar kegiatan Job Fair di Convention Hall, Simpang Lima Gumul (14/06). Langkah ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menurunkan angka pengangguran sekaligus mempermudah masyarakat dalam mencari pekerjaan. Melalui pemanfaatan teknologi digital, kegiatan tersebut dapat ditinjau baik secara offline maupun online melalui website e-Kerjo yang telah dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kediri.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Kediri, Dinas Ketenagakerjaan & Transmigrasi Provinsi, Perwakilan Ketua DPRD, dan Kepala OPD. Bekerja sama dengan 64 Perusahaan, kegiatan job fair tersebut sukses menarik antusiasme masyarakat. Dalam sambutannya, Bapak Ibnu Imad menjelaskan bahwa tingkat pengangguran di Kabupaten Kediri meningkat 1,8% untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan upaya yg menyeluruh salah satunya yakni bursa kerja.

“Dengan kegiatan job fair ini diharapkan dapat mempertemukan masyarakat dengan pekerjaan dan perusahaan yang sedang menawarkan lowongan. Salah satu penyebab tingginya tingkat pengangguran yaitu karena kurangnya informasi tentang lowongan & tidak dapat bertemu dengan perusahaan yang menawarkan lowongan, maka dari itu kegiatan job fair ini diselenggarakan baik secara offline dan online.” Jelas Pak Ibnu Imad selaku Kepala Disnaker Kabupaten Kediri.

Dengan menggunakan website E-kerjo dapat mempercepat masyarakat dalam mendapatkan informasi yang berkaitan dengan ketenagakerjaan. Tingginya tingkat pengangguran juga disebabkan oleh faktor ekonomi yang belum sesuai dengan rencana, maka dalam upaya mengatasi hal tersebut job fair hadir sebagai kegiatan yang memberikan kesempatan sebesar-besarnya bagi pencari kerja, mengurangi kesenjangan angka mencari kerja & lowongan, serta mengurangi pemutusan hubungan kerja.

“Kesempatan ini merupakan awal untuk berkarir dan membantu pemerintah dalam upaya mengurangi tingkat pengangguran. Harapannya dari provinsi juga mendukung perluasan kesempatan kerja khususnya disektor digital & masyarakat Kabupaten Kediri dapat berpartisipasti aktif untuk mendukung program perluasan kesempatan kerja ini, sekaligus dapat dilaksanakan secara berkelanjutan.” Harap Aunur Rofiq selaku perwakilan Disnaker Provinsi Jawa Timur.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox