Kediri Fashion Batik Festival 2023 Sukses Menjadi Acara Perdana Dekranasda Kabupaten Kediri

By Dinas Kominfo Kab. Kediri11 Nov 2023, 22:54:16 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Kediri Fashion Batik Festival 2023 Sukses Menjadi Acara Perdana Dekranasda Kabupaten Kediri

Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perdagangan bekerjasama dengan Dinas Perdagangan menyajikan pagelaran seni dan budaya yang berlokasi di Monumen Kebanggaan Simpang Lima Gumul (11/11/2023).

Kediri Fashion Batik Festival 2023 menjadi event pertama yang diselenggarakan oleh Dekranasda Kabupaten Kediri. Mengangkat tema "Padma Anindya Kadhiri" yang mereprensentasikan Keindahan atau Kemegahan Teratai yang berasal dari Kediri. 

Ketua Dekranasda Kabupaten Kediri, Eriani Annisa Hanindhito atau yang disapa akrab Mbak Cicha membuka acara dengan diiringi oleh tari Klenting Sumanding. Dalam sambutannya, Mbak Cicha menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk mengusung batik khas Kabupaten Kediri dari para pengrajin batik dan juga desainer lokal. Melalui acara ini, diharapkan mampu memacu semangat para pengrajin kraft untuk berkembang dan menciptakan inovasi baru.

Tari Jaranan menjadi salah satu pertunjukan dari rangkaian acara kegiatan malam ini, bersamaan dengan dilaunchingnya batik terbaru dengan motif 'Padma Sangkha' yang dijembreng oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. 

"Pengrajin batik Kabupaten Kediri sudah siap untuk masuk ke kancah Nasional," ucap Mas Bup dalam pidato singkatnya. 

Rangkaian acara berjalan dengan apik, menampilkan busana peraga hasil karya pembatik dan desainer lokal. Duta wisata Kabupaten Kediri dan belasan model melakukan catwalk dengan menggunakan rancangan baju batik dan kraft dari para maestro dan kreator.

Fashion show yang ditampilkan antara lain Career Wear, Gala Wear, aksesoris rancangan UMKM lokal dan kostum karnaval oleh SMK Negeri 1 Ngasem. Para pengurus Dekranasda juga ikut andil dalam peragaan busana yang menampilkan karakter masing-masing. 

Mbak Cicha berharap semoga di tahun-tahun mendatang acara ini terus berkembang agar bisa mengangkat keragaman potensi lokal daerah sendiri.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox