Cegah Stunting di Kab. Kediri, TP PKK Kab. Kediri Gelar Pemberian Vitamin A untuk Balita

By Dinas Kominfo Kab. Kediri07 Jul 2022, 13:23:13 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Cegah Stunting di Kab. Kediri, TP PKK Kab. Kediri Gelar Pemberian Vitamin A untuk Balita

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito atau yang akrab disapa Mbak Cicha, menghadiri kegiatan pemberian vitamin A kepada anak dan balita. Acara tersebut dilaksanakan dalam rangka percepatan penurunan angka stunting yang bertempat di Posyandu Bahagia Desa Doko Kecamatan Ngasem, Kamis (7/7/2022). 

Hadir dalam acara tersebut Kader Posyandu dan Tim Penggerak PKK dari Desa Doko, TP PKK Kecamatan Ngasem, Camat Ngasem dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri.

Vitamin A diberikan langsung oleh Ketua TP-PKK atau yang akrab disapa dengan Mbak Cicha. Vitamin A dengan dosis tinggi tersebut hanya dapat diperoleh di posyandu dan diberikan secara gratis kepada anak – anak di Kabupaten Kediri. 

Pemberian vitamin A disesuaikan dengan usia anak. Vitamin A biru diberikan pada anak usia 6 - 11 bulan, sedangkan vitamin A merah diberikan pada anak usia di atas 12 – 60 bulan. Setiap anak memiliki hak yang sama dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Imunisasi BCG juga diberikan kepada anak usia 1 bulan guna memberikan kekebalan terhadap penyakit TBC. 

Kegiatan diawali dengan pengkuran berat badan kemudian mengukur tinggi badan dan yang terakhir imunisasi pada anak dan balita. Mbak Cicha berharap dapat memantau pertumbuhan, melengkapi imunisasi dan mengurangi angka stunting pada anak – anak di Kabupaten Kediri. Dari hasil pantauan pengukuran berat badan maupun tinggi badan Balita di Posyandu Bahagia tersebut terlihat baik dan sesuai dengan grafik.

TP-PKK Kabupaten Kediri telah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait dengan pencetakan Kartu Identitas Anak (KIA). Hal ini bisa dilihat Balita di Posyandu Bahagia tersebut pasti memiliki KIA. 

Diakhir acara Mbak Cicha berharap semua anak di Kabupaten Kediri sehat dan stunting bisa diberantas.

“Harapannya semoga seluruh anak di Kabupaten Kediri sehat dan kami juga bisa mengurangi dan memberantas stunting”, harap Mbak Cicha.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus