Harganas 2022, Mbak Cicha Ajak Pelajar TK Makan Olahan Ikan untuk Cegah Stunting

By Dinas Kominfo Kab. Kediri29 Jun 2022, 19:27:30 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Harganas 2022, Mbak Cicha Ajak Pelajar TK Makan Olahan Ikan untuk Cegah Stunting

Bertepatan dengan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kediri Eriani Annisa Hanindhito mengajak anak-anak pelajar TK dan Taman Posyandu untuk makan olahan ikan, Rabu (29/6/2022).

Melalui kegiatan makan olahan ikan yang digelar di Balai Desa Sambirejo, Kecamatan Pare itu diharapkan anak menyukai olahan ikan untuk pemenuhan kebutuhan gizi dan mencegah stunting. Hal itu senada dengan tema yang diangkat dalam kegiatan pagi itu, "Makan Ikan Cegah Stunting"

"Dalam rangka memperingati Harganas 2022, hari ini acara makan bersama anak Tapos (Taman Posyandu) dan TK, makanan pokoknya olahan ikan yang kaya protein, ini sangat penting sekali untuk anak dan juga mencegah stunting," kata Mbak Cicha.

Kegiatan makan olahan ikan itu sekaligus sebagai agenda rutin kampanye Gemarikan yang diadakan Tim Penggerak PKK bersama Dinas Perikanan Kabupaten Kediri. Ikan merupakan salah satu komoditi yang mudah ditemui di Bumi Panjalu. 

Selain kaya protein, ikan juga kaya asam lemak omega-3 yang dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan otak. Melalui kegiatan makan bersama olahan ikan itu, Mbak Cicha berharap anak-anak menyukai makanan kaya protein hewani khususnya olahan ikan.

"Saya juga berpesan untuk orang tua, kebutuhan anak sewaktu masa pertumbuhan adalah dari makanannya," ungkapnya.

Mbak Cicha menerangkan, makanan yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan itu, yakni makanan-makanan bergizi yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin maupun mineral. Mbak Cicha pun mengajak orang tua terus mengajarkan anak untuk menyukai makanan dari ikan.

"Ini tadi ada 170 paket (makanan olahan ikan) yang kita bagikan, semoga kegiatan semacam ini bisa lebih sering kita lakukan supaya anak benar-benar menyukai makanan dari olahan ikan," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, anak-anak yang diajak makan bareng itu merupakan anak-anak TK Dharma Wanita dan Tapos Desa Sambirejo, Kecamatan Pare. Mereka mendapatkan pendampingan orang tua, sehingga melalui acara makan bareng itu kedekatan keluarga semakin erat untuk menanamkan nilai-nilai positif bagi anak.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox