Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Gelar Sendratari Loh Jinawi

By Dinas Kominfo Kab. Kediri10 Jun 2022, 07:45:55 WIB Pariwisata, Seni dan Budaya
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Gelar Sendratari  Loh Jinawi

Dinas Pariwitasa dan Kebudayaan Kabupaten Kediri memeriahkan panggung hiburan yang ada ditaman Papar Kecamatan Papar (09/6/2022). Kegiatan tersebut spontan digelar usai kegiatan pengukuhan Dekranasda Kabupaten Kediri dihari sebelumnya.

Melihat antusias para pelaku UMKM dan warga sekitar yang sangat luar biasa, Mas Bup Hanindhito Himawan Pramana menginstruksikan agar panggung dan stand jangan dibongkar dulu agar dinikmati oleh masyarakat umum.

Akhirnya hiburan masyarakat digelar sebagai penunjang bazar UMKM serta mengobati dahaga masyarakat yang haus akan hiburan setelah 2 tahun vakum karena pandemi covid 19.

Sendratari "Loh Jinawi" yang dibawakan oleh Sanggar Tari Saraswati dari desa Bangsongan Kecamatan Kayen Kidul mampu membius puluhan penonton yang hadir ditaman papar. Sambil berbelanja produk UMKM, mereka menikmati pertunjukan tersebut sampai tak mau beranjak dari tempat duduknya.

Sendratari "Loh Jinawi" artinya adalah ketentraman dan kemakmuran serta kesuburan Tanaman di bumi Kadiri.
Kisahnya sendiri menggambarkan cerita dari Pancaran aura sang dewi yang cantik lemah lembut perlambang kebaikan, sumber kemakmuran, dan kesetiaan manusia berpadu dengan lambaian lembut selendang hijau bak dedaunan menari–nari di persawahan.

Penyamaran, perjuangan, pengabdian yang dilakukan menumbuhkan hasil tanah subur dan tanaman yang loh jinawi. “LOH JINAWI” adalah ketentraman dan kemakmuran serta kesuburan tanaman di bumi Kadiri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Ir. Adi Suwignyo, M.Si mengatakan bahwa, pagelaran tarian yang digelar di Taman Papar ini, untuk menghibur masyarakat umum khususnya warga sekitar sekaligus penunjang Bazzar UMKM agar semakin banyak warga yang datang memborong.

Beliau menambahkan kegiatan tersebut juga untuk mendorong para pelaku seni agar bangkit setelah sekian lama tidak pernah tampil karena pandemi covid 19.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus