Upacara Hadiknas 2022

By Dinas Kominfo Kab. Kediri13 Mei 2022, 15:00:24 WIB Pendidikan dan Olahraga
Upacara Hadiknas 2022

Pemerintah Kabupaten Kediri menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 yang bertempat di Halaman Belakang Pemkab (13/5). Upacara yang seyogyanya dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2022 lalu tersebut ditunda sehubungan dengan Hari Raya Idulfitri 1443 H dan cuti bersama tahun 2022.

Upacara yang dipimpin Langsung Oleh Bupati Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana diikuti oleh jajaran Forkopimda, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, dan Kepala Dinas. Peserta yang hadir merupakan perwakilan pegawai di Lingkungan Pemerintah Daerah serta perwakilan siswa dari beberapa sekolah.

Dengan Tema Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2022 adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”.  Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Kabupaten Kediri H. Hanindhito Himawan Pramana menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim bahwa pendidikan di Indonesia selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus di hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Selanjutnya, Bupati Kediri membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi RI Nadiem Anwar Makarim. Dalam amanatnya Mendikbud menyampaikan bahwa selama dua tahun terakhir, banyak sekali tantangan yang harus di hadapi bersama, yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Penerapan kurikulum merdeka, yang berawal dari upaya untuk membantu para guru dan murid di masa Pandemi, terbukti mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.
“Kini kurikulum merdeka sudah diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Hal ini berarti bahwa ratusan ribu anak Indonesia sudah belajar dengan cara yang jauh lebih menyenangkan dan memerdekakan,” saat Bupati Kediri membacakan sambutan. 

"Walaupun pendidikan terbaik adalah dirumah tetapi pendidikan berkualitas tetap dengan bertatap muka. Semoga pandemi ini segera berlalu dan menjadi endemi." imbuhnya setelah selesai membacakan sambutan. 

Dalam kegiatan upacara tersebut, Bupati Kediri yang akrab di sapa Mas Bup itu juga menyerahkan bantuan kepada perwakilan 3 siswa dari wilayah Kabupaten Kediri, salah satunya siswa penyandang disabilitas diberikan alat bantu kursiroda yang sebelumnya hanya menggunakan sepeda roda tiga yg dimodifikasi.

Ditemui setelah acara Kepala Dinas Pendidikan, Sujud Winarko mengatakan, "Hari ini bersamaan dengan Upacara Hardiknas, Bupati Kediri juga memberikan bantuan terhadap siswa, salah satunya memeliki kebutuhan khusus yaitu lumpuh kaki. Oleh karenanya pemberian kursi roda ini sangat bermanfaat, sebagai pengganti sepeda roda tiga yang ukurannya untuk anak anak dengan usia balita yang mana juga sudah tidak layak."

Acara berakhir dengan khidmat dan lancar.




Tinggalkan komentar Anda via Disqus