Tangis Haru Fia Saat Memilih Sekolah dan Dibiayai oleh Mas Dhito

By Dinas Kominfo Kab. Kediri22 Apr 2022, 19:45:10 WIB Pendidikan
Tangis Haru Fia Saat Memilih Sekolah dan Dibiayai oleh Mas Dhito

Tangis bahagia Siti Maghfirotus Sholehah tak terbendung tatkala menceritakan cita-cita sang ayah yang ingin anak-anaknya bisa melanjutkan sekolah. Cita-cita Zaenal, ayahnya, itu semakin nyata karena remaja yang sering dipanggil Fia ini  disekolahkan Gratis oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. 

Keharuan menyelimuti remaja berusia 17 tahun itu manakala Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri, Sujud Winarko mendatangi rumahnya guna menindaklanjuti tawaran Mas Dhito (sapaan akrab Bupati Hanindhito) itu. 

Perbincangan keduanya mengenai keputusan Fia memilih dimana dirinya akan melanjutkan sekolah diiringi suara palu pekerja bangunan yang sedang merenovasi rumahnya yang mendapatkan program bedah rumah dari Mas Dhito. 

Fia mengaku telah memilih SMA Mardiutomo, Kecamatan Tarokan sebagai sekolahnya mulai semester depan. Alasannya sederhana, dirinya ingin jarak tempuh rumah dan sekolah tidak terpaut jauh. 

“SMA Mardiutomo, Tarokan karena jarak yang dekat,” jelasnya pada, Jumat (22/4/2022)

Tangisannya tak terelakkan ketika menceritakan bagaimana semangatnya kembali sekolah karena ingin mewujudkan cita-cita sang ayah yang ingin melihat anak-anaknya dapat lulus hingga SMA dan melanjutkan ke perguruan tinggi. 

“Salah satu cita-cita bapak melihat anaknya terus sekolah hingga perguruan tinggi,” tuturnya sembari mengusap air mata yang terus menerus membasahi pipinya. 

Saat Kelas 10 semester dua, kata Fia, atau kurang lebih satu setengah tahun lalu, dirinya memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya karena ingin membantu keluarga memenuhi kebutuhan ekonomi. 

Fia rela melepas masa sekolahnya itu untuk ikut bekerja menjadi pelayan di salah satu rumah makan bersama kakaknya. 

Namun, dirinya kini memilih untuk kembali bersekolah yang rencananya akan dimulai semester depan yang memasuki tahun ajaran baru 2022-2023. 

“Seneng banget, juga gak nyangka masih bisa sekolah lagi” ungkapnya. 

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri,Sujud Winarko menerangkan dirinya telah berkoordinasi dengan Cabang Dinas Pendidikan Provinsi untuk memberikan pilihan kepada Fia.  

“Saya sudah koordinasi dengan kepala cabang dinas pendidikan provinsi, Mbak Fia ini kita beri pilihan yang terdekat mana,” ujar Sujud.

Pihaknya menjelaskan, Pemerintah Daerah akan menanggung biaya sekolah Fia hingga lulus bangku SMA. Bahkan untuk adiknya yang sekarang kelas 6, tambah Sujud, biaya sekolah juga akan diakomodir.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox