Tingkatkan Debit Air Dengan Penghijauan

By Dinas Kominfo Kab. Kediri03 Jan 2021, 18:00:52 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Tingkatkan Debit  Air Dengan Penghijauan

Kecamatan Plosoklatan merupakan wilayah di Kabupaten Kediri yang memiliki banyak sumber mata air yang tersebar hampir di seluruh desa, diantaranya Desa Pranggang, Punjul, Jarak, Panjer hingga Plosolor.

Manfaatnya pun beraneka ragam, ada yang digunakan sebagai destinasi wisata, irigasi dan fungsi yang paling utama adalah untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga sekitar.

Pelestarian sumber air harus dilakukan agar dapat dimanfaatkan sampai anak cucu kita, salah satunya dengan penghijauan. Apalagi di musim penghujan seperti sekarang ini, penghijauan sangatlah dibutuhkan untuk mencegah berbagai macam bencana seperti tanah longsor dan banjir.

Memandang sangat pentingnya penghijauan ini, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri mengajak seluruh masyarakat untuk menanam. Dengan slogan "Tanam Pohon Beri Nafar Untuk Masa Depan", DLH membagikan bibit tanaman ke beberapa Kelompok Masyarakat (Pokmas), salah satunya Pokmas Sumontoro Desa Plosolor. Terdapat 1.725 tanaman yang dibagi, terdiri dari tanaman trembesi, pule, kemiri, mahoni, kelengkeng, durian, cangring, jambu kristal, aren, mangga dan alpukat.

Pokmas yang anggotanya para pemuda tersebut sangat antusias, apalagi mendapat dukungan dan motivasi dari perangkat desa setempat. Bahkan Heri Setiawan, anggota DPRD Provinsi Jawa Timur juga hadir dan melaksanakan penamanan secara simbolis, (3/1).

"Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para pemuda Pokmas Sumontoro yang tergerak hatinya untuk melaksanakan penghijauan apalagi di sekitar sumber mata air. Apalagi Sumber Sumontoro ini cukup besar dan bisa dimanfaatkan oleh warga di 3 desa, maka dari itu harus kita lestarikan bersama," kata Heri.

Kedepan sumber ini bisa dijadikan sebagai destinasi wisata yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Pada kesempatan tersebutKepala Desa Plosolor Pujiono mengucapkan terima kasih atas terlaksananya kegiatan penghijauan di wilayah Sumber Sumontoro. Menurutnya dengan adanya penghijauan ini akan menambah debit air, sehingga pembagian air 3 desa bisa tercukupi.

Antusias warga yang sangat luar biasa diharapkan juga diikuti dengan menjaga tanaman-tanaman sampai besar, tidak hanya selesai ditanam kemudian dibiarkan saja. Karena mereka juga merasa memiliki dan memanfaatkan sumber mata air ini untuk kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Sementara ituMoh. Arhanas Ketua Pokmas Sumontoro mengucapkan terima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri yang telah mendukung kegiatan ini. Ini kan selain tanaman konservasi juga ada tanaman buah. Jika nanti sudah besar dan berbuah, warga juga dapat memanen hasilnya,” pungkasnya(Kominfo/lks,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via Disqus