Sumur Mengering, BPBD Kabupaten Kediri Droping Air Bersih

By Dinas Kominfo Kab. Kediri29 Okt 2020, 10:00:52 WIB Kesehatan, Sosial dan Lingkungan Hidup
Sumur Mengering, BPBD Kabupaten Kediri Droping Air Bersih

Guna memenuhi kebutuhaan air bersih bagi warga Desa Tiron Kecamatan Banyakan, BPBD Kabupaten Kediri melakukan droping air bersih. Pasalnya sejak 3 bulan terakhir, sumur warga mengalami kekeringan. Kegiatan dropping air ini sudah berlangsung sejak 5 hari terakhir.

Jhohans Maras Ponda, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Kediri mengungkapkan bahwa untuk dropping di Desa Tiron baru kali pertama. Selama ini, di lokasi tersebut tidak pernah mengalami kekeringan jika musim kemarau.

"Kegiatan ini sudah dilakukan sejak tanggal 21 Oktober 2020 hingga sampai saat ini sambil berharap turunnya hujan," ungkapnya.

Dalam satu hari menurut Jhohans pihaknya sudah menyiapkan 12000 liter air untuk di dropping. Sementara itu untuk penyebab dari kekeringan ini diduga karena faktor alam.

"Debit sumber air di wilayah Desa Tiron ini berkurang dari tahun sebelumnya, sehingga hal ini memicu adanya kekurangan air," imbuhnya.

Ia juga mengatakan bahwa BPBD sudah menyiapkan rencana jangka panjang untuk antisipasi supaya tidak ada kekurangan air di wilayah Kabupaten Kediri.

“Kami sudah menyiapkan rencana untuk membuat sumur bor baru di sejumlah titik. Harapannya dengan sumur itu tidak ada lagi kekurangan air di Kabupaten Kediri,” pungkas Jhohan. (Kominfo/ag,tee,tj,wk)




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox