Rayakan HUT PDKK ke-11, Mas Bup Siap Fasilitasi Para Disabilitas

By Dinas Kominfo Kab. Kediri30 Agu 2023, 15:13:44 WIB Pemerintahan, Politik, dan Keamanan
Rayakan HUT PDKK ke-11, Mas Bup Siap Fasilitasi Para Disabilitas

Perasaan bahagia dan rasa syukur yang besar terasa dalam acara yang  berlangsung di Candi Tegowangi Kecamatan Plemahan, PDKK (Perkumpulan Disabilitas Kabupaten Kediri) gelar perayaan hari ulang tahunnya ke-11 tahun. (30/08)

Disamping kemeriahan perayaan HUT RI ke-78, PDKK  secara bersamaan merayakan hari ulang tahunnya ke-11, dengan mengusung tema "Dengan kebersamaan kita mewujudkan kesejahteraan disabilitas Kabupaten Kediri". Dari tema tersebut diharapkan, di umur PDKK yang masih baranjak remaja tersebut bisa mewujudkan harapan dan kebahagiaan bagi para disabilitas Kabupaten Kediri.

Mas Bup dalam sambutannya melalui Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri Dyah Saktiana mengatakan bahwa, semoga teman-teman Disabilitas semakin berdaya, mandiri, dan sukses. Serta bagi yang tidak berdaya, Mas Bup akan terus berupaya menciptakan berbagai program untuk memberikan bantuan semaksimal mungkin.

"Kami akan selalu memberikan dukungan bagi para Disabilitas di Kabupaten Kediri agar lebih sejahtera, bahagia dan terpenting mereka dapat mandiri dalam kehidupan sehari-hari", ungkapnya.

Menurut Nana sapaan akrab Plt. Kepala Dinas Sosial bahwa, Perda tentang disabilitas Kabupaten Kediri sudah disetujui antara eksekutif dan legislatif, untuk saat ini dikabarkan masih dalam proses fasilitasi ke provinsi, yang di mana setelah itu akan didiskusikan lagi ditingkat Kabupaten Kediri.

Lanjut Nana, ia menyatakan bahwa, sebelas tahun merupakan usia remaja, perlu adanya dorongan pada umur belasan, baik dalam pemerintah maupun luar pemerintah, baik difabel maupun non-difabel.

"Posisi disabilitas berhak dan wajib ikut berperan dalam pembangunan bangsa, hal ini masuk dalam upaya mewujudkan perundang-undangan tentang keadilan sosial", terangnya.

Ketua PDKK Kabupaten Kediri, dikesempatan tersebut mengatakan, untuk itu kami menghimpun kemampuan diri, bakat, dan aspirasi, dengan anggota PDKK yang sudah 300-an ini, kami berharap semua disabilitas semakin semangat dan sukses, ya kami terus berbenah diri dan alhamdulillah di usia 11 tahun ini sudah banyak perubahan dan membawa positif untuk pembangunan inklusi disabilitas Kabupaten Kediri.

Acara yang sederhana ini dihadiri oleh ratusan anggota PDKK se-Kabupaten Kediri, terdapat difabel netra rungu daksa serta adik-adik SLB se-Kabupaten Kediri.

Pemilihan tempat yaitu Candi Tegowangi, memiliki maksud ingin menyelaraskan  salah satu pigmen Kediri Berbudaya yang diprogram oleh Mas Bup, yaitu Kediri dianggap sebagai ibu dari peradaban Indonesia, berangkat dari banyaknya peninggalan sejarah di kabupaten Kediri, menurutnya, acara ini layak ditempatkan disini, karena Candi Tegowangi merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit, alih-alih mengenalkan kepada para disabilitas mengenai budaya Indonesia.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox