Dorong Satu Digit Stunting, Pemkab Kediri Gelar Pertemuan Penanganan Stunting

By Dinas Kominfo Kab. Kediri30 Agu 2023, 14:55:17 WIB Stunting
Dorong Satu Digit Stunting, Pemkab Kediri Gelar Pertemuan Penanganan Stunting

Pemerintah kabupaten Kediri melalui Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Kediri menyelenggarakan pertemuan Praktik Baik Penanganan Kasus Stunting Semester 1 Tahun 2023 di Gedung Bhagawanta Bhari (30/8).

Pertemuan ini dihadiri oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA), Dr. Ir. H. Moch. Saleh Udin, M.M, seluruh Tim Percepatan Progam Stunting Kab. Kediri, perwakilan TP PKK Kab. Kediri, Camat se Kabupaten Kediri, Kepala TPPS, Kepala Puskesmas Kab. Kediri, dan para penyuluh Keluarga Berencana.

Kasus Stunting masih menjadi pekerjaan rumah bagi seluruh komponen pemerintahan Kabupaten Kediri. Hal ini terus ditekankan oleh Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramono dalam beberapa kali sambutannya bahwa persoalan Stunting menjadi indikator kinerja para Camat dan Kepala Desa.

Dalam pelaksanaan Strategi Nasional Percepatan Progam Penurunan Stunting disusun rencana aksi nasional, yakni melalui pendekatan keluarga beresiko Stunting. Salah satu kegiatannya adalah audit kasus Stunting.

Pada tanggal 13 Juli 2023, telah dilaksanakan pertemuan Audit Kasus Stunting. Dalam Audit kali ini terdapat lima kasus meliputi tiga kasus pada BADUTA/BALITA, satu kasus pada calon pengantin, dan satu kasus pada ibu hamil.

Pada saat kunjungan lapangan, Tim Pakar dan Tim TPPS Kecamatan telah bersama-sama berdiskusi dan melakukan upaya-upaya untuk memecahkan masalah yang ada.

“Seluruh Tim Pakar dan Tim TPPS Kecamatan melakukan upaya praktik baik dalam kasus Stunting ini. Upaya-upaya yang dilakukan antara lain adalah pemenuhan jaminan kesehatan, layanan KB, pendampingan keluarga, pemberian susu dan sebagainya,” ucap Mbak Dewi.

Upaya-upaya percepatan pencegahan dan penurunan Stunting juga dipaparkan oleh beberapa pakar yang hadir dalam pertemuan praktik baik ini, diantaranya adalah dr. Chasan Ismail dari RSKK, dr. Dadang Wibowo, Sp. OG dari RSUD SLG, Retno Nur Azizah, SKM., M.Kes dari Dinas Kesehatan Kab. Kediri dan Psikolog Vivi Rosdiana, S.Psi.




Tinggalkan komentar Anda via CommentBox